Cegah Corona, Ratusan Aparat Gabungan di Depok Gelar Aksi Bersih-bersih

Aparat gabungan membersihkan fasilitas di stasiun commuterline (Foto: Istimewa)

MONITOR, Depok – Ratusan personel aparat gabungan dari berbagai unsur melakukan kerja bakti bersih-beraih di lingkungan Terminal Depok dan Stasiun Depok Baru (Stadebar), Minggu (15/3).

Aksi ini dilakukan petugas dari Polres Metro Depok, Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Kepala Polres (Kapolres) Metro Depok Komisaris Besar Polisi  (Kombes Pol) Azis Andriansyah mengatakan, aksi tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Dikatakannya, sasaran dari kegiatan tersebut yaitu membersihkan fasilitas publik, yang sering dipegang oleh masyarakat.

“Seperti di mesin tapping atau di pegangan tangga. Karena peralatan itu yang sering disentuh pengguna dan petugas kereta,” katanya kepada wartawan, Minggu (15/3).

Aziz menuturkan, ratusan personel tersebut dibagi ke dalam dua kelompok. Selain berada di area Stadebar, mereka juga diarahkan untuk membersihkan area masjid di terminal dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Azis bersama Komandan Kodim Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok Novarita, serta Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Gandara Budiana, mengajak penumpang kereta untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satunya mensosialisasikan gerakan mencuci tangan yang benar.

“Jangan lupa, jaga kesehatan dan senantiasa membiasakan hidup bersih. Salah satunya rajin mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas,” pungkasnya.