Tim McLaren Positif Corona, Balap Mobil Formula 1 Australia Dibatalkan

Para supporter ajang Balap Mobil Formula 1 Australia (dok: Hendrata)

MONITOR, Jakarta – Grand Prix Formula 1 di Australia akhir pekan ini di Melbourne telah dibatalkan. Kabar tersebut tersiar menyusul pengunduran diri McLaren dari perlombaan, setelah salah satu anggota tim mereka dinyatakan positif terkena virus corona.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan bersama oleh F1, badan pengelola FIA dan Australian Grand Prix Corporation, Jumat (13/3/2020), berbunyi: “Mengikuti konfirmasi bahwa seorang anggota Tim Balap McLaren telah dinyatakan positif COVID-19 dan keputusan tim untuk menarik diri dari Grand Prix Australia”.

Menindaklanjuti hal itu, Formula 1 dan FIA mengadakan pertemuan dengan sembilan kepala tim-tim lainnya pada Kamis malam. Para pertemuan itu, mayoritas tim sepakat memutuskan bahwa perlombaan tidak boleh dilanjutkan.

“Formula 1 dan FIA, dengan dukungan penuh dari Australian Grand Prix Corporation (AGPC) telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk Grand Prix Australia dibatalkan,” demikian pernyataan yang dilansir MONITOR dari situs resmi F1, Jumat (13/3).

Dengan pembatalan itu, semua penonton yang sudah terlanjur membeli tiket akan menerima pengembalian penuh.