Demokrat-PKS Siap Berkoalisi di Pilkada 2020, Ini Kata Hinca Panjaitan

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Hinca Panjaitan (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Partai Demokrat dan PKS memiliki peluang akan berkoalisi dalam pelaksanaan Pilkada 2020 nanti. Hal itu disampaikan Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, saat dihubungi, di Jakarta, Jumat (13/3).

Ia mengungkapkan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman sudah membahas ihwal koalisi di Pilkada 2020, tadi malam di Puri Cikeas, Bogor.

“Kami terbuka kerjasama di daerah yang memang memungkinkan untuk bekerjasama, baik wali kota, bupati, maupun gubernur,” kata Hinca.

Dikatakan dia, pembicaraan koalisi di tingkat pimpinan tersebut, nantinya akan dibahas lebih lanjut oleh tim yang lebih kecil di dalam Komisi Pemenangan Pemilu Demokrat nanti.

“Tapi secara prinsip sudah bersepakat (koalisi), tapi belum menyebut titik-titik mana saja, karena masih cukup panjang tiga sampai empat bulan ke depan,” ucapnya.

Sementara, Sohibul Iman menyampaikan, PKS dan Demokrat akan bertemu kembali untuk sama-sama membuka peta daerah yang dapat bekerjasama saat Pilkada 2020.

“Nanti diperiksa daerah mana yang PKS dan Demokrat bisa kerjasama dan melahirkan kemenangan,” ucap Sohibul.