Ketua DPR Desak Pemerintah Bentuk Tim Skala Nasional Penanganan Corona

Ketua DPR RI Puan Maharani konferensi pers di Kompleks Parlemen (dok: Twitter DPR)

MONITOR, Jakarta – Pasien positif virus Corona atau Covid-19 jumlahnya semakin bertambah. Melihat kondisi ini, Ketua DPR RI Puan Maharani mendesak pemerintah untuk segera membentuk tim skala nasional terkait penanganan virus Corona atau Covid -19.

Bahkan, menurut Puan Maharani, yang lebih memperihatinkan adalah ditemukannya pasien positif Covid –19 yang terpapar penularan lokal.

“Saya selaku ketua DPR RI, sejak wabah ini merebak, berkali-kali mengingatkan pemerintah agar segera membentuk tim nasional penanganan wabah virus korona yang bersifat terpusat agar penanganan wabah korona terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi,” tegas Puan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/3).

Dalam operasionalnya, imbuh Puan, tim nasional ini dapat berbentuk Satuan Gugus Tugas yang bersifat lintas kementerian dan lintas daerah sehingga upaya-upaya penangannnya terukur dan memenuhi protocol standar WHO.

Namun, gerak cepat dan kesigapan penanganan dampak virus Corona ini, juga harus dilakukan secara cermat tanpa menimbulkan kepanikan di masyarakat.

“DPR mendesak pemerintah meningkatkan penapisan massif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Proses screening dan pengambilan sampel warga yang terindikasi gejala virus korona harus diperbanyak sehingga meminimalisir kebocoran data warga yang terpapar Covid-19,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

“Proses penapisan massif ini harus diikuti langkah-langkah isolasi yang disiplin kepada mereka yang positif Corona dengan mencegah pergerakan mereka sehingga mengurangi resiko penularan lokal,” tambahnya.

Oleh karena itu, masih dikatakan Puan, pemerintah harus segera bekerja sama dengan komunitas-komunitas internasional dalam upaya mengatasi wabah Corona.

“Termasuk mengadopsi pengalaman-pengalaman negara lain yang berhasil meredam wabah korona tanpa korban jiwa,” pungkasnya.