Dua Periode Lolos Parliamentary Threshold, Gerindra Optimis Capai 7%

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (dok: Satria Sabda Alam/ Monitor)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan partainya saat ini masih belum menentukan sikap mengenai rencana kenaikan ambang batas Parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) menjadi 7%.

Ia mengatakan, topik tersebut kan dibahas di rapat kerja nasional Partai Gerindra yang akan dilakukan tahun ini.

“Yang pertama, partai Gerindra belum membicarakan hal ini. Kami akan membicarakan dalam rapat kerja nasional yang dilakukan pada tahun ini,” ujarnya di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat Selasa (10/3).

Kendati belum bersikap, namun Dasco optimis Partai Gerindra mampu melampaui ambang batas parlemen sebesar 7%. Pasalnya, menurut dia Partai Gerindra sudah dua periode mampu melewatinya.

“Tetapi rasanya kalau partai Gerindra untuk ambang batas 7 persen itu yang terjadi selama dua kali pemilu kita bisa melampaui, tapi biar bagaimanapun ada pertimbangan-pertimbangan terhadap pemilih-pemilih dari partai yang kemarin lolos Parliamentary Threshold 4 persen,” terangnya.

Lebih jauh, ia mengatakan Partai Gerindra memperhatikan aspek-aspek lain diantaranya partai politik yang juga lolos 4 % yang menurutnya tidak bisa diabaikan.

“Jadi kita harus pertimbangkan berbagai aspek, walaupun Gerindra optimis bisa melampaui 7 persen, tapi kita juga dalam demokrasi kita harus pertimbangkan berbagai aspek yaitu, ada partai-partai yang juga kemarin lolos di 4 persen, tapi kemudian ada juga pemilihnya yang tentu juga tidak bisa kita abaikan,” jelasnya.