Pemerintah Disarankan Bentuk Gugus Tugas Penyegahan Corona

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) siaga hadapi virus corona baru.

MONITOR, Jakarta –¬†Pemerintah disarankan untuk segera membentuk gugus tugas terkait penanganan penyebaran virus Corona atau nCoV- 19.

Gugus tugas ini perlu dibentuk supaya pemerintah bisa tetap fokus bekerja menjaga stabilitas ekonomi nasional.
Hal itu disampaikan Anggota DPR RI Marwan Jafar, di Jakarta, Senin (9/3).

“Nggak perlu corona ini dilebih-lebihkan, saya usulkan cukup ditangani gugus unit khusus lintas kementerian/lembaga, pemerintahan berjalan semestinya dan yang paling penting meningkatkan hajat hidup orang banyak,” kata dia.

Masih dikatakan dia, bila melihat dari fenomena wabah Wuhan ini hanya ramai dan menjadi perbincangan di perkotaan saja. Sementara, di pedesaan, imbuh Marwan, berdasarkan hasil kunjungannya tidak ada kehebohan serupa.

“Jadi di Dapil saya itu tidak ada dalam pertemuan reses tatap muka dengan konstituen tidak ada membahas Corona, apalagi yang kena, membahas saja nggak ada,”klaim politikus PKB itu.

“Karena itu, tidak perlu ada kepanikan yang berlebihan, rakyat kita ini rakyat yang harmonis yang guyub nggak usah takut, nggak usah dilebih-lebihkan situasinya, karena itu berdampak pada investasi, barang dan jasa, sektor ekonomi,” sebut anggota Komisi VI DPR ini.

Sementara itu, masih dikatakan dia, terkait dengan penyebar hoax soal Corona harus ditanggapi secara serius. Pasalnya informasi hoax akan sangat mempengaruhi kinerja pemerintah yang tengah fokus mengatasi sektor ekonomi

“Dampaknya yang agak terasa memang kebutuhan bahan pokok, itu memang perlu diperhatikan terutama dilakukan operasi pasar, itu penting itu,” paparnya.

“Membangun koperasi, UMKM itu penting, pain killer, obat penawar rasa sakit itu misalnya ada perlambatan ekonomi global perlambatan ekonomi nasional,” pungkas Marwan.