Kamis, 28 Maret, 2024

Hadiri Kenduren 2020, Mendes Halim Spontan Ajak Masyarakat Shalawatan Iringi Kirab Tumpeng Durian

MONITOR, Jombang – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri Kenduri Durian (Kenduren) 2020 di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, memenuhi undangan Bupati Jombang Mundjidah Wahab untuk hadiri perhelatan yang bertajuk Kenduren Durian Wonosalam Tahun 2020, Dari Desa untuk Indonesia.

Gus Menteri merasa bersyukur karena bisa menghadiri Kenduren 2020 di Kecamatan Wonosalam. Ia bangga dengan durian telah jadi salah satu buah andalan di Kabupaten Jombang.

Ditengah arahan Gus Menteri, Kirab Tumpeng Durian 9 desa di Kecamatan Wonosalam masuk ke Lapangan Wonosalan setelah di kirab dari Kantor Kecamatan Wonosalam.

- Advertisement -

Gus Menteri secara spontan mengajak ribuan warga yang hadir untuk shalawatan iringi Kirab Tumpeng Durian asli dari Wonosalam.

Gus Menteri pun menyapa dengan hangat perwakilan 9 desa yang masuki lapangan sambil memanggul hasil bumi dari Wonosalam.

“Saya akan memanggil para Kepala Desa di Wonosalam ke Jakarta untuk diberi pelatihan penguatan BUMDes agar Wonosalam bisa jadi ikon wisata di Jombang,” tandas mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, Kenduren tahun ini sebanyak 2020 biji durian disusun menjadi tumpeng raksasa.

“Saya bersyukur hasil bumi Wonosalam, tidak hanya durian tapi juga manggis dan alpukat melimpah ruah tahun ini,” kata Mundjidah.

Turut hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, anggota DPR, Forkompida dan Tokoh Masyarakat Jombang.

Pesta gerebek buah durian ini digelar di Lapangan Wonosalam Jombang, pukul 10.00 WIB. Ada sebanyak 2020 buah durian yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Durian juga merupakan buah khas yang kini menjadi ikon kawasan wisata di Kecamatan Wonosalam.

Ada rangkaian kegiatan Kenduren Wonosalam 2020 ini yaitu:

1.Tanam 100 Durian Bido di PD Panglungan
Acara ini digelar Minggu, 12 Januari 2020 atas kerjasama antara AKPH Kec. Wonosalam, KTNA Wonosalam, dan PD Panglungan.

  1. Kontes Durian Lokal di De Durian Park pada 1 Maret 2020
  2. Gowesdurian Bikecamp di De Durian Park yang berlangsung pada 29 Februari – 01 Maret 2020 nih.
  3. Explore Galengdowo

Bukan cuma duren aja nih, buat yang ingin berwisata di Air Terjun Pengajaran sambil belajar tentang susu sapi dan salak pondoh yang digelar Minggu, 1 Maret 2020.

  1. Senam dan Jalan Sehat pada tanggal 6 Maret di Lapangan Kecamatan Wonosalam.
  2. Kartolo CS Ludrukan di Kampoeng Djawi, Wonosalam pada Sabtu 7 Maret 2020.
  3. Wonosalam Expo

Expo akan memamerkan produk UKM di Kecamatan Wonosalam. Seperti kerajinan, makanan hingga aneka minuman khas yang digelar 7-8 Maret 2020.

  1. Festival Kopi produksi asli Wonosalam pada 7-8 Maret 2020
  2. Festival Jaranan di Lapangan Wonosalam tanggal 7 Maret 2020.
  3. Kirab Tumpeng Durian 9 Desa dan Syukuran Tumpeng Durian

Kirab Tumpeng Durian 9 Desa! Tumpeng raksasa dari beragam durian asli Wonosalam ini dikirab dari Kantor Kecamatan Wonosalam sampai ke Lapangan Wonosalam.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER