Jumat, 29 Maret, 2024

40 Calon Anggota Baznas Lulus Uji Komptensi, Kemenag: Publik Disilakan Beri Masukan

MONITOR, Jakarta – Seleksi calon anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2020-2025 sudah menyelesaikan tahap uji kompetensi. Sebanyak 40 peserta ditetapkan lulus seleksi dan sudah diumumkan oleh Tim Seleksi (Timsel), 4 Februari 2020.

“Kami sudah umumkan, ada 40 peserta lulus seleksi uji kompetensi. Tahap selanjutnya, kami menunggu saran dan masukan publik atas 40 calon tersebut,” terang Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta, Sabtu (07/03).

“Publik disilakan beri masukan tentang rekam jejak integritas calon peserta sebelum masuk ke tahap selanjutnya,” ulangnya.

Menurut Muhammadiyah Amin, masukan dari masyarakat agar disampaikan secara tertulis. Masukan ditujukan kepada Tim Seleksi paling lambat Kamis 12 Maret 2020, bisa dikirim ke Sekretariat Pansel di Kantor Kemenag Jl. MH Thamrin Jakarta atau email ke timselbaznas@kemenag.go.id.

- Advertisement -

Muhammadiyah Amin yang juga selaku Ketua Timsel mengemukakan, proses seleksi calon anggota BAZNAS melewati beberapa tahapan. Didahului seleksi administrasi, peserta lalu mengikuti psikotes. Tahap selanjutnya adalah uji kompetensi.

“Setelah ini, ada dua tahapan lagi, yaitu pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk dan wawancara dengan Tim Seleksi,” tutur Muhammadiyah Amin.

“Nantinya, akan ada 16 nama yang akan diserahkan kepada presiden,” sambungnya. Seluruh rangkaian proses seleksi yang dilakukan Kemenag ini rencananya selesai pada April 2020.

Selanjutnya, kata Muhammadiyah Amin, Presiden akan memilih delapan dari 16 nama yang diajukan Menteri Agama. Delapan nama tersebut juga akan disampaikan oleh Presiden ke DPR untuk dimintakan pertimbangan sebelum ditetapkan dengan Kepres.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf M. Fuad Nasar menambahkan, proses seleksi anggota BAZNAS ini melibatkan banyak pihak. Ia mencontohkan, untuk tahap psikotes dan uji kompetensi, Kementerian Agama bekerjasama dengan Pusat Layanan Psikologi (PLP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. “Sedangkan komposisi Tim Seleksi terdiri dari unsur MUI, Ormas Islam, profesional dan instansi terkait,” tutupnya.

Berikut 40 nama peserta lulus uji seleksi kompetensi calon anggota Baznas 2020-2025 (sesuai urutan abjad):

  1. Aay Mohamad Furkon
  2. Abdul Fatah
  3. Abdul Manan
  4. Achmad Satori
  5. Achmad Sudrajat
  6. Amir Ma’ruf
  7. Arif Ramdani
  8. Bambang Sudibyo
  9. Didik Imam Wahyudi
  10. Dyah Rudati Andayani
  11. Endang Kurniawan
  12. Endro Nur Leksmono
  13. Eny Muslichah Wijayanti
  14. Fahruroji
  15. Firdaus Djaelani
  16. Haedar Rachman
  17. Herman Budianto
  18. Imam Nur Azis
  19. Irsyadul Halim
  20. Marhadi Muhayar
  21. Meizi Fachrizal Achmad
  22. Mohd Nasir
  23. Mokhamad Mahdum
  24. Muhamad Nadratuzzaman Hosen
  25. Muhammad Anwar Sani
  26. Muhammad Rofiq
  27. Muhammad Sabeth Abilawa
  28. Muhammad Sobirin
  29. Muhammad Zaid
  30. Muhammad Zilal Hamzah
  31. Nana Sudiana
  32. Noor Achmad
  33. Nur Chamdani
  34. Rihmaedi
  35. Rizaludin Kurniawan
  36. Saidah Sakwan
  37. Sugiharto
  38. Susilo
  39. Yudo Irianto
  40. Zainulbahar Noor
- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER