Jumat, 26 April, 2024

[Foto] Peluncuran Buku ‘Politik Sumber Daya Alam’ karya Rektor IPB

MONITOR, Bogor – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria meluncurkan buku berjudul “Politik Sumber Daya Alam” di IPB Convention Center Botani Square, Bogor. Sabtu (7/3/2020).

Buku terbitan Yayasan Pustaka Obor Indonesia itu menganalisis pengelolaan sumber daya alam di Indonesia selama kurun waktu hampir satu dekade sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyomo (SBY) hingga Jokowi dalam tinjauan ekologi politik.

Melalui buku “Politik Sumber Daya Alam” Arif Satria mengusulkan, pembangunan pada aspek politik, ekonomi, dan ekologi, harus sejalan dan harmonis.

“Saya mengusulkan politik yang menjadi kekuatan dalam negara, dapat mengakomodasi semua pemangku kepentingan untuk berjalan secara harmonis,” katanya.

- Advertisement -

Arif Satria mencontohkan, dalam konstitusi UUD 1945, mengatur soal politik, ekonomi, dan sumber daya alam, sehingga ketiga aspek ini bisa diatur harmonisasinya melalui regulasi, sehingga tidak memiliki dampak yang mengganggu lingkungan.

“Kekuatan politik yang dikendalikan pemerintah, diharapkan dapat menyatukan dan mengharmonisasikan ketiga aspek tersebut,” tegasnya.

Sejumlah tokoh hadir pada acara peluncuran tersebut diantaranya Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadiala, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Prof Rokhmin Dahuri, Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Mantan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago dan lain-lain.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER