Jumat, 26 April, 2024

Corona Bikin Panik, Wamenag Imbau Tokoh Agama Bantu Tenangkan Masyarakat

MONITOR, Jakarta – Menyebarnya virus Corona di Tanah Air sempat membuat masyarakat panik. Imbasnya, banyak orang-orang memborong semua barang kebutuhan sehari-hari karena takut terjadi kelangkaan.

Melihat kondisi ini, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi meminta seluruh pimpinan ormas keagamaan dan tokoh agama untuk ikut berperan menenangkan masyarakat. Ia berpesan agar tokoh masyarakat tidak menambah kepanikan soal wabah virus Corona atau Covid 19.

“Saya mengimbau kepada pimpinan ormas keagamaan dan tokoh agama untuk ikut aktif membantu memberikan penerangan kepada masyarakat dengan menyampaikan pesan-pesan yang mendidik, mencerahkan dan dapat menenangkan kondisi masyarakat,” ujar Zainut Tauhid, dalam keterangan yang diterima MONITOR, Kamis (5/3).

“Sebaiknya menghindari menyampaikan pesan yang dapat menimbulkan kontroversi, membingungkan dan membuat kepanikan di masyarakat,” tambahnya.

- Advertisement -

Zainut menambahkan, peranan tokoh agama sangat penting karena sebagai panutan, sehingga setiap ucapannya akan menjadi rujukan dan diikuti oleh pengikutnya.

Untuk itu, tokoh masyarakat diimbau agar berhati-hati, bijaksana dan mempertimbangkan banyak hal dengan mempertimbangkan perasaan publik dan kondisi faktual yang sekarang sedang dihadapi masyarakat.

“Tokoh agama harus dapat memerankan diri sebagai pembimbing dan pelindung umat, agar umat merasa tenang dan memiliki optimisme dalam menghadapi masalahnya”.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER