Rabu, 24 April, 2024

Virus Corona Menyebar, Sekjen MUI Imbau Umat Beragama Introspeksi Diri

MONITOR, Jakarta – Merebaknya wabah virus Corona di Indonesia mencuri perhatian banyak kalangan. Terlebih, virus mematikan asal Wuhan, China, itu telah menjangkiti warga negara Indonesia.

Merespon musibah wabah Corona atau Covid-19 ini, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan bahwa umat Islam harus senantiasa menjadikan musibah ini sebagai momen intropeksi diri ke arah yang lebih baik.

“Sebagai orang yang beragama, kita hendaknya menjadikan kehadiran dari virus ini sebagai momen untuk mengoreksi diri apakah tingkah laku dan perilaku kita selama ini sudah baik dan benar atau belum. Kalau belum ya mungkin saja ini azab dari Tuhan kepada kita,” ujar Anwar Abbas dalam keterangannya, Selasa (3/3).

Untuk menyikapinya, Anwar mengatakan kasus ini bisa ditinjau dari dua sisi. Pertama, jika masalah ini dilihat dari perspektif keilmuan, maka semua masyarakat harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh para pakar dan ahli medis kedokteran.

- Advertisement -

“Untuk itu, kita harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat oleh para ahli dalam. Hal ini tentu saja dari para pakar dalam dunia medis dan kedokteran,” terang Ketua PP Muhammadiyah ini.

Kedua, jika ditinjau dari perspektif agama maka semua umat beragama harus mulai mengevaluasi diri dan mendekatkan diri dengan perintah Tuhan.

“Kita melakukan evaluasi diri dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dengan melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangannya,” tegas dia.

“Kalau kedua hal itu sudah kita lakukan maka sikap kita tentu saja berpasrah diri kepada-Nya karena ditangan-Nyalah segala sesuatu itu akan bisa ada dan atau tidak akan ada,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER