Ungkap Identitas Warganya Terjangkit Corona, DPR Kritisi Sikap Wali Kota Depok

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta –¬†Sikap Wali Kota Depok Mohammad Idris yang mengungkap alamat rumah dua warganya yang terjangkit virus Corona atau Covid 19 mendapat kritik keras dari DPR RI.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad misalnya. Ia menyayangkan tindakan Wali Kota Depok yang dinilai tidak memelihara iklim kondusif, khususnya diwilayahnya sendiri.

“Saya menyayangkan, sebenarnya kepala daerah harus memelihara iklim kondusif,” kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (3/3).

Dasco berpandangan bahwa identitas pribadi pasien dilindungi oleh aturan perundang-undangan, untuk tidak disebarluaskan kepada khalayak, sekalipun yang menyampaikan pejabat daerah.

“DPR mengimbau kepala daerah untuk tidak mengekspos data dari pasien, karena itu menimbulkan kerugian tersendiri,” ucap politikus Gerindra itu.

Dalam kesempatannya itu, ia juga meminta kepala daerah untuk berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan pihak terkait, jika menemukan warganya yang terjangkit virus corona.

“Kalau sudah tahu domisili tinggal maka koordinasi dengan Kemenkes dan pihak terkait, untuk langkah preventif tanpa menimbulkan kepanikan,” pungkas dia.