Pemerintah Diminta Bentuk Crisis Center, Dasco: Informasi Corona Harus Satu Arah

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar pemerintah membentuk tim atau crisis center untuk menyampaikan informasi mengenai perkembangan virus Corona atau Covid-19.

Tujuannya, sambung dia, agar setiap informasi yang diberikan secara satu arah, sehingga mengantisipasi terjadinya simpang siur atau disinformasi yang diterima masyarakat.

“Selain gunanya termonitoring, juga informasi yang keluar sebaiknya dari satu pintu karena dilihat sekarang ada ketidaksingkronan informasi dari pemerintah pusat dengan pemda,” kata Dasco kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (3/3).

Ia juga berpandangan bahwa komunikasi satu arah dapat meminimalisir kepanikan di masyarakat, menyusul adanya dua warga Depok terjangkit virus yang pertama kali mewabah di Wuhan, China itu.

“Saya pikir pemerintah juga perlu mengedukasi masyarakat dan kami imbau supaya tetap tenang, tidak panik tetapi waspada,” sebut politikus Gerindra itu.

Bahkan, ia juga menyarankan supaya pemerintah memberikan sosialisasi edukasi terkait dengan pencegahan virus, seperti yang diterapkan sejumlah negara saat ini.

“Keluarkan panduan untuk menenangkan masyarakat agar tidak terjadi panik seperti kemarin (memborong masker atau makanan),” pungkasnya.