Jumat, 29 Maret, 2024

DPR Minta Pemerintah Fokus Penanganan Penyebaran Virus Corona

MONITOR, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar pemerintah fokus pada penanganan keselamatan terkait dengan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Ketimbang, sambung dia, pemerintah berbicara mengenai dampak ekonomi akibat Corona.

Hal itu menyusul dua warfa Depok yang positif terjangkit virus yang pertama kali menyerang Wuhan, China tersebut.

“Keselamatan dan kesehatan warga negara adalah yang utama sehingga pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Corona harus menjadi prioritas,”kata Puan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (3/3).

- Advertisement -

“Sebelum kita berbicara tentang dampak ekonomi dan lain-lain terkait wabah Covid-19 ini,” tambahnya.

Dalam kesempatannya itu, Puan juga meminta agar pemerintah melakukan kordinasi terpadu dan terintegritas. Sehingga, imbuh dia, penyelenggaraan penanggulangan wabah dapat diserahkan kepada BNPB atau kelembagaan lain yang efektif sesuai aturan perundang-undangan. 

“Adanya tim penanggulangan wabah secara nasional ini penting untuk menjamin kehadiran negara dalam penanggulangan penyebaran virus corona, sehingga meyakinkan seluruh masyarakat bahwa Indonesia selalu waspada, siaga, dan serius dalam menangani virus Corona. Tim ini bekerja 24 jam nonstop, 7 hari dalam sepekan,” papar politikus PDI Perjuangan itu.

Yang nantinya, masih kata Puan, tim penanggulangan virus Corona mengkoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara nasional untuk memastikan protokol pencegahan dan penanggulangan berjalan sesuai standard operation and procedure (SOP) penanganan epidemi Covid-19.

“Pemerintah segera mengambil tindakan proaktif dalam rangka  pencegahan dan penindakan dengan mendatangi warga, komunitas atau kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus Corona dengan melakukan tes medis,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER