Senin, 4 Juli, 2022

Cegah Penyebaran Corona, DPR Minta Pemerintah Berikan Edukasi Efektif ke Masyarakat

MONITOR, Jakarta – Pemerintah diminta untuk memberikan edukasi yang efektif kepada masyarakat terkait dengan kesiapan dalam melakukan pencegahan penyebaran terhadap virus Corona atau Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (3/3).

“Pemerintah harus melakukan sosialisasi, komunikasi dan edukasi yang efektif kepada rakyat terkait kesiapannya menghadapi dampak virus Corona,” kata Puan.

“Termasuk kesiapan stok pangan dan bahan pokok lain, sehingga tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat,” tambah dia.
Bahkan, Puan meminta agar pemerintah untuk meningkatkan penjagaan deteksi di pintu-pintu masuk dari dan ke luar negeri, baik darat, laut, maupun udara.

- Advertisement -

“Dan sewaktu-waktu bisa menutupnya bila diperlukan demi kepentingan pencegahan wabah,” tegas dia.

Puan menegaskan bahwa dalam kondisi ini DPR akan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan wabah virus Corona. 
Hal itu, sambung Puan, sebagaimana telah disampaikan dalam pidato Rapat Paripurna ke 11 DPR penutupan masa persidangan 2 tahun 2019 – 2020, Kamis (27/2).

“Saya sudah menegaskan bahwa  DPR mendorong pemerintah agar meningkatkan upaya deteksi dini, pencegahan, dan respons secara holistik. Baik dari regulasi, kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan dan sarana prasarana, serta tenaga medis,” sebut politikus PDI Perjuangan itu.

“DPR juga meminta Kementerian Kesehatan harus terus melakukan sosialisasi secara masif dan intensif dengan melakukan upaya komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai virus Corona, sehingga masyarakat selalu mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan tepat,” pungkas Puan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER