Wakapolres Depok: Sinergi Lintas Sektor Dibutuhkan Tuk Berantas Pungli

Satgas Saber Pungli Kota Depok. (Foto: istimewa)

MONITOR, Depok – Satuan tugas (Satgas) Pungutan Liar (Pungli) Kota Depok terus berupaya memberantas pungli untuk menciptakan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Ketua Satgas Saber Pungli Kota Depok, AKBP Hari Setyo Budi mengatakan, agar pemberantasan praktik pungli dapat maksimal, dibutuhkan dukungan dari lintas sektor.

“Kerja sama dari lintas sektor sangat diharapkan agar upaya pencegahan pungli dapat dikendalikan secara optimal,” kata Hari kepada wartawan seusai kegiatan Rapat Kerja Koordinasi Satgas Saber Pungli Kota Depok di Bumi Sampireun, Rabu (26/2).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Hari yang juga menjabat Wakapolres Metro Depok menyebutkan, anggota Satgas Saber Pungli di Kota Depok terdiri dari perangkat daerah, kepolisian, TNI, kejaksaan, serta akademisi. Masing-masing memiliki tugas dalam pemberantasan pungli sesuai dengan kelompok kerja.

Untuk pemerintah daerah, jelas Hari, memiliki fungsi pengawasan terhadap pelayanan publik masyarakat baik di kelurahan, kecamatan, maupun pelayanan kependudukan lainnya.

Sedangkan untuk kepolisian memiliki tugas pencegahan maupun penindakan.

“Tugas disesuaikan dengan tupoksi masing-masing instansi agar perannya dapat lebih maksimal dalam melakukan pencegahan tindak pungutan liar,” ujarnya.