Saudi Tutup Akses Umrah, Jokowi: Kita Sangat Menghargai

Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta (Foto: setkab.go.id)

MONITOR, Jakarta – Kerajaan Arab Saudi baru-baru ini melarang sejumlah warga negara lain memasuki wilayahnya untuk urusan umrah sementara waktu, termasuk Indonesia.

Terkait kebijakan ini, Presiden Joko Widodo menyatakan dirinya sangat memaklumi keputusan kerajaan Saudi, yang ingin melindungi warga negaranya dari ancaman wabah virus Corona.

Ia pun meminta semua kalangan untuk menghormati dan menghargai keputusan yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, hari ini, Kamis (27/2) waktu setempat.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Pertama itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati, karena apapun yang namanya kesehatan itu dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai,” ujar Jokowi di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (27/2).

Orang nomor wahid ini mengatakan, peringatan ini tentu bukan hanya untuk Indonesia saja. Jokowi mengatakan, semua negara pada dasarnya ingin melindungi warga negaranya masing-masing dari berbagai ancaman.

“Saya kira ini kan tidak hanya untuk Indonesia, tapi untuk semua negara karena mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus corona. Kita sangat menghargai itu,” pungkasnya.