7 Destinasi Wisata Populer di Boyolali, Keren dan Instagramable

Foto: Republika.co.id

MONITOR, Boyolali – Walau tak sepopuler Bali, Boyolali juga mempunyai destinasi wisata yang tak kalah indahnya. Boyolali menyimpan banyak keindahan alam yang dikelilingi oleh gunung, waduk, air terjun hingga museum-museum yang layak dikunjungi. Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini memiliki cuaca yang cukup dingin dan sejuk. Karena terletak di antara Gunung Merapi dan Merbabu. Aura buat liburan bakal semakin seru dan menyenangkan nih!.

Bagi kalian yang sedang mencari destinasi wisata populer di Boyolali untuk liburan bersama orang terkasih, 7 tempat wisata ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan di tahun ini!

Air Terjun Watu Abang

Widget Situasi Terkini COVID-19

Sumber medium.com


Destinasi wisata Boyolali pertama yang bisa kamu jadikan referensi adalah Air Terjun Watu Abang. Air terjun ini terletak di Desa Pantaran, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah yang dikelilingi oleh bebatuan dan tumbuhan hijau. Air Terjun Watu Abang ini bisa dijadikan spot foto yang instagramable, lho! Cocok banget buat kamu yang ingin berburu foto-foto menarik di Boyolali.

Kebun Raya Indrokilo

Sumber: travel.kompas.com

Sebelum dijadikan taman yang indah, dulunya tempat ini dijadikan tempat pesugihan menurut kalangan masyarakat sekitar. Namun, terlepas dari itu semua taman yang digandrungi tanaman paku ini disulap menjadi tempat wisata yang sangat cantik dan kekinian. Selain itu, tempat ini juga menyediakan spot-spot foto yang instagramable banget seperti gerbang pintu, labirin dan patung Mahesa Jenar. Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi taman ini, datang saja ke Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Umbul Leses

Dengan hadirnya empat pohon leses besar di tempat ini menjadikan Umbul Leses ini jadi ikonik. Dulunya cuma ada dua pohon, tapi kini pohonnya menjadi empat. Karena ada sebuah mitos yang menyatakan sepasang pengantin yang berubah wujud menjadi pohon. Meski begitu, tempat ini tetap bisa dijadikan spot foto yang kekinian, kok! Tempat ini terletak di Dusun 2, Desa Jenengan , Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Museum R. Hamong Wardoyo

Berlokasi di Jalan Pandanaran Nomor 19, Desa Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Museum R. Hamong Wardoyo ini memiliki desain eksterior yang terlihat seperti Museum Louver di Paris. Karena atapnya mempunyai bentuk kerucut dengan kaca yang transparan. Di dalam museum ini kamu bisa melihat koleksi Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, seperti kereta kencana. Pas banget nih buat kamu si pecinta wisata sejarah!

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu ini berlokasi di tiga kabupaten, yaitu Boyolali, Semarang dan Magelang. Bagi kamu yang datang dari arah Boyolali, maka kamu bisa melewati jalur pendakian Selo. Namun, kalau gak mau mendaki tapi hanya ingin menikmati suasana pegunungan yang indah. Kamu bisa datang ke Taman Nasional Gunung Merbabu. Lokasi tempat ini di Jalan Merbabu Nomor 136, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Umbul Tirtomulyo

Sumber: trizilla


Pemandian umum ini dulunya peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta. Jika kamu ingin merasakan mandi seperti raja-raja, datang saja ke Umbul Tirtomulyo ini! Desain yang dimiliki tempat ini juga sangat rustic sehingga memberikan kesan yang lebih hidup seperti di zaman kerajaan. Sayang banget kan kalo datang ke tempat seperti ini tidak mengabadikan momen seru. Nah, biar smartphone kamu tetap terlindungi saat lagi asyik-asyik foto di pemandian. Jangan lupa bawa waterproof case agar komponen yang ada di dalam smartphone tetap terjaga seperti layar yang dilapisi anti gores HP, speaker dan masih banyak lagi. Destinasi wisata satu ini ada di Dusun 2, Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Bukit Gancik

Bukit Gancik ini disebut sebagai Gancik Hill Top Boyolali yang memiliki gardu pandang yang menarik. Di gardu pandang tersebut para pengunjung bisa melihat pemandangan rumah penduduk dan sawah yang tertutup kabut. Pas banget buat menikmati sunset dan sunrise, nih! Berlokasi di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.