Tiga Gubernur Absen Rapat Penanganan Banjir, Politikus Gerindra Bandingkan dengan Jokowi

Rapat Komisi V DPR RI (dok: Tribun)

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi V DPR Sudewo menyayangkan sikap tiga Kepala Daerah yang tidak menghadiri undangan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR, hari ini, Rabu (26/2). Ketiga Kepala Daerah yang dimaksud, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Padahal, kata Sudewo, rapat yang digelar pukul 10.00 WIB itu membahas persoalan hingga penanganan banjir yang terjadi di Jabotabek. Melihat mangkirnya ketiga kepala daerah itu, ia pun membandingkan dengan Joko Widodo kala menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Menurutnya, Jokowi saat menjabat Gubernur DKI memenuhi undangan rapat dari lembaga negara ini.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Pak Joko Widodo hadir memenuhi undangan komisi V,” kata Sudewo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Ia mengatakan, saat itu tepatnya tanggal 31 Januari 2013, pihaknya juga membahas banjir yang melanda Jakarta. Komisi V DPR kala itu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan dewan hari ini, mengundang kepala daerah dan pemerintah pusat.

Berbagai masukan penanggulangan banjir yang menjadi kesimpulan RDP bisa diterapkan langsung. Tahun berikutnya banjir tidak lagi separah banjir pada 2013.

Dalam kesempatannya itu, ia menegaskan bahwa kehadiran para kepala daerah ini sangat diperlukan, lantaran dalam pengambilan kebijakan berada di tangan mereka. Bukan perwakilan yang ditunjuk untuk memenuhi undangan rapat.

Ketidakhadiran Anies dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Gubernur Banten Wahidin Halim sangat disayangkan. Padahal, Komisi V ingin memberikan masukan penanganan bencana menahun yang terjadi di Jabodetabek.

“Karena gubernur tidak hadir sudah sepakat rapat ini sebaiknya kita tunda,” pungkas politikus dari fraksi Gerindra tersebut.