MEGAPOLITAN

Banjir, Kereta Commuter Jabodetabek Lakukan Rekayasa Operasi

MONITOR, Jakarta – Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta sekitarnya, tak hanya menggenangi rumah dan ruas jalan. Melainkan rel kereta pun ikut tergenang air.

Akibatnya pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) harus melakukan rekayasa pola operasi.

“PT Kereta Commuter Indonesia memohon maaf atas kendala perjalanan KRL yang terjadi akibat genangan air yang merendam jalur rel di sejumlah lokasi pada pagi hari ini,” kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulisnya di Jakarta. Selasa (25/2/2020).

Menurut Anne, genangan terpantau di lintas antara Stasiun Kampung Bandan – Stasiun Kemayoran, dan di Stasiun Sudirman.

“Hujan lebat sejak malam tadi juga mengakibatkan tahap akhir pekerjaan penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota belum sempurna,” ujarnya.

Untuk itu sebagai antisipasi PT KCI melakukan rekayasa pola operasi sebagai berikut:

  • Lintas Bogor/Depok – Angke/Jatinegara PP perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai.
  • Lintas Bekasi – Jakarta Kota PP via Pasar Senen, perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Senen.
  • Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.
  • Lintas Bekasi – Jakarta Kota PP via Manggarai sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.

Sementara itu untuk lintas Rangkasbitung – Tanah Abang PP, Duri – Tangerang PP, dan Tanjung Priok – Jakarta Kota PP hingga pukul 06.00 WIB masih terpantau normal.

Oleh karenanya, PT Kereta Commuter Indonesia menghimbau para pengguna untuk merencanakan kembali perjalanannya mengingat sejumlah rekayasa pola operasi tersebut.

“Pengguna juga kami ajak untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dengan tidak berdesakan saat naik turun kereta, tidak memaksakan diri untuk naik ke dalam KRL yang telah penuh, dan selalu berhati-hati terutama saat kondisi licin karena hujan,” katanya.

Informasi terkini mengenai perjalanan KRL dapat diakses melalui aplikasi KRL Access, media sosial @commuterline, dan contact center 021-121. Para petugas di Stasiun maupun kereta juga akan memberikan informasi kepada para pengguna KRL secara berkala.

Recent Posts

Komisi IX DPR Setujui Pagu Anggaran BKKBN Kantongi Rp 2026 3,63 Triliun

MONITOR, Jakarta - Komisi IX DPR RI menyetujui Pagu Alokasi Anggaran Kementerian Kependudukan dan Pembangunan…

26 menit yang lalu

Kemenperin Pacu IKM Hilirisasi Kemenyan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus memperkuat program hilirisasi dalam rangka meningkatkan nilai…

2 jam yang lalu

Kemenag Punya DJPH, Apa Perannya dalam Program MBG?

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama memiliki satuan kerja setingkat eselon II yang mengurus jaminan produk…

4 jam yang lalu

Sinergi PT JGP, Warga, dan Polres Pasuruan; Dari Ngopi Hingga Kerja Bakti

MONITOR, Pasuruan - PT Jasamarga Gempol Pasuruan (PT JGP) terus berkomitmen memperkuat hubungan dengan masyarakat…

4 jam yang lalu

DPR Minta Proyek Tanggul Beton di Cilincing Transparan dan Rakyat Dilibatkan

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan menyoroti proyek pembangunan tanggul beton…

5 jam yang lalu

Soroti Dugaan Penyelundupan Senjata OPM dari Australia, DPR Minta Polri Lebih Proaktif

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin menyoroti adanya…

5 jam yang lalu