MEGAPOLITAN

Banjir, Kereta Commuter Jabodetabek Lakukan Rekayasa Operasi

MONITOR, Jakarta – Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta sekitarnya, tak hanya menggenangi rumah dan ruas jalan. Melainkan rel kereta pun ikut tergenang air.

Akibatnya pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) harus melakukan rekayasa pola operasi.

“PT Kereta Commuter Indonesia memohon maaf atas kendala perjalanan KRL yang terjadi akibat genangan air yang merendam jalur rel di sejumlah lokasi pada pagi hari ini,” kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulisnya di Jakarta. Selasa (25/2/2020).

Menurut Anne, genangan terpantau di lintas antara Stasiun Kampung Bandan – Stasiun Kemayoran, dan di Stasiun Sudirman.

“Hujan lebat sejak malam tadi juga mengakibatkan tahap akhir pekerjaan penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota belum sempurna,” ujarnya.

Untuk itu sebagai antisipasi PT KCI melakukan rekayasa pola operasi sebagai berikut:

  • Lintas Bogor/Depok – Angke/Jatinegara PP perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai.
  • Lintas Bekasi – Jakarta Kota PP via Pasar Senen, perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Senen.
  • Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.
  • Lintas Bekasi – Jakarta Kota PP via Manggarai sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.

Sementara itu untuk lintas Rangkasbitung – Tanah Abang PP, Duri – Tangerang PP, dan Tanjung Priok – Jakarta Kota PP hingga pukul 06.00 WIB masih terpantau normal.

Oleh karenanya, PT Kereta Commuter Indonesia menghimbau para pengguna untuk merencanakan kembali perjalanannya mengingat sejumlah rekayasa pola operasi tersebut.

“Pengguna juga kami ajak untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dengan tidak berdesakan saat naik turun kereta, tidak memaksakan diri untuk naik ke dalam KRL yang telah penuh, dan selalu berhati-hati terutama saat kondisi licin karena hujan,” katanya.

Informasi terkini mengenai perjalanan KRL dapat diakses melalui aplikasi KRL Access, media sosial @commuterline, dan contact center 021-121. Para petugas di Stasiun maupun kereta juga akan memberikan informasi kepada para pengguna KRL secara berkala.

Recent Posts

Menteri PU Respon Cepat Banjir Jabodetabek, Kerahkan Pompa Mobile di 14 Titik

MONITOR, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo merespon cepat penanganan banjir dan tanah…

1 jam yang lalu

Banyak Kasus Intoleransi, DPR: Beribadah adalah Hak Konstitusional dan Dilindungi Negara

MONITOR, Jakarta - Ketua Komisi XIII DPR RI Willy Aditya menyoroti berbagai peristiwa intoleransi yang…

1 jam yang lalu

Kemendagri Siap Fasilitasi Integrasi Masjid, Termasuk dalam RPJMD

MONITOR, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan komitmennya untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan peran…

3 jam yang lalu

DPR Soroti Kasus di Karawang, Kekerasan Seksual Tak Bisa Selesai di Luar Peradilan

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Gilang Dhielafararez menyoroti kasus miris dugaan pemerkosaan…

4 jam yang lalu

Kemenag Kick Off MQK Internasional Ke-1 Tahun 2025

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) secara resmi melakukan…

5 jam yang lalu

Menag Sebut Umrah dan Haji Jalur Laut Berpotensi Dibuka

MONITOR, Jakarta - Pemerintah Indonesia tengah menjajaki kemungkinan dibukanya jalur laut sebagai alternatif pelaksanaan ibadah…

5 jam yang lalu