Jasa Marga Jelaskan Penyebab Luapan Air di Tol Pandaan-Malang

Petugas Jalan Tol Pandaan-Malang melakukan penyedotan genangan air di Jalan Tol Pandaan-Malang

MONITOR, Pasuruan – Hujan deras yang mengguyur wilayah Pasuruan dan sekitarnya menyebabkan terjadinya luapan air di beberapa titik, salah satunya di ruas jalan tol Pandaan-Malang KM 68+800 arah Surabaya.

Luapan air tersebut disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga saluran irigasi yang berada di samping jalan tol tersebut tidak mampu menampung debit air yang melebihi normal sehingga luapan air masuk ke badan jalan.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo menjelaskan luapan air yang terjadi di jalan Tol Pandaan-Malang tersebut berlangsung dari pukul 16.45 sampai dengan pukul 17.20.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Meskipun sempat meluap, kondisi debit air saat ini sudah kembali normal dan pada lokasi genangan air telah dilakukan peninggian tanggul saluran irigasi dengan material tanah dan kerikil serta dilakukan pembersihkan jalur yang terkena luberan lumpur dengan cara menyiram air menggunakan truk tangki air,”Terang Agus melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (22/2) malam.

Dikatakan Agus, untuk menghindari kejadian serupa, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) selaku pengelola Ruas Jaalan Tol Pandaan Malang akan melakukan peninggian tanggul saluran irigasi dengan perkerasan batu kali.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan menghimbau pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan,”pungkasnya.