HUMANIORA

Maju di Pemilihan Ketum PB, Kader PMII Surabaya ini Usung Misi ‘PMII Innovation Center’

MONITOR, Jakarta – Organisasi Kepemudaan dan Mahasiswa (OKP) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII akan menggelar Kongres XX dimana salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum PB PMII. Kongres XX organisasi yang memiliki akar sejarah kuat dengan NU itu bakal digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 13-16 April 2020 mendatang.

Sejumlah bakal calon yang merupakan rekomendasi dari cabang asal dipastikan bakal meramaikan gelaran kongres yang digelar setiap dua tahun sekali setiap periodenya itu. Hingga berita ini diturunkan atau hingga Minggu (16/2/2020) sudah ada 17 Calon Ketua Umum PB PMII dan 3 calon Ketua Kopri resmi mendaftarkan diri.

Salah satu kandidat ketua umum PB PMII yang telah mendaftarkan diri maju di Kongres XX adalah Zulfahmy Wahab. Fahmy sendiri merupakan kader PMII Cabang Surabaya, Jawa Timur. Pria kelahiran 10 November 1990 itu mengenyam pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan saat ini menjabat sebagai Wasekjen PB PMII setelah sebelumnya aktif di PKC PMII Jawa Timur periode 2014-2016.

Bagi Fahmy, PMII adalah organisasi besar yang memiliki peran-peran strategis bagi bangsa salah satunya dalam menghalau penyebaran paham radikal di perguruan tinggi yang saat ini menjadi kekhawatiran banyak pihak. Selain itu menurut Fahmy, PMII kedepan harus banyak menciptakan dan menghadirkan inovasi-inovasi bagi bangsa dalam menjawab segala problematikanya sehingga eksistensi PMII terus dibutuhkan.

“PMII sebagai organisasi OKP terbesar memiliki tugas besar, antara lain menghalau paham radikal dari dunia pendidikan (kampus) dan menghadirkan berbagai inovasi untuk negeri,” ujarnya.

Langkah kongkret PMII dalam menghalau penyebaran paham radikal menurut Fahmy salah satunya adalah dengan memperkuat barisan kader sebagai speaker Islam Moderat. Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

“Kader PMII harus menjadi agen sosial, juru kampanye sekaligus role model islam moderat, islam yang ramah, toleran, rahmatan lil alamin di kampus-kampus khususnya,” terangnya.

Fahmy juga mengatakan di PMII nantinya ia ingin membentuk pusat inovasi sebagai wadah, inkubator kader mengumpulkan ide dan kreatifitas kader dalam menjawab tantangan bangsa sekaligus perkembangan teknologi informasi.

“Saya akan membentuk PMII Inovation Center. Yang harapannya menjadi inkubator kader-kader PMII memberikan sumbangsih Inovasi yang bermanfaat secara luas,” ungkap Fahmy.

Recent Posts

Pertamina Hulu Energi Optimalkan Kapabilitas Perusahaan

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina terus membuktikan kinerja cemerlang…

10 menit yang lalu

KKP Tangkap 3 Kapal Asing di Laut Natuna dan Selat Malaka

MONITOR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap tiga unit kapal pencuri ikan…

19 menit yang lalu

Kemenag Uji Publik Data Tenaga Non ASN untuk Seleksi CASN, Ini Tautannya

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama menggelar uji publik hasil pemutakhiran data Tenaga Non Aparatur Sipil…

2 jam yang lalu

Sekjen DPD RI Melepas 96 ASN P3K Diklat Latsar Ke Rindam Jaya

MONITOR, Bogor - Sekretariat Jenderal DPD RI melepas 96 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja…

2 jam yang lalu

Berharap Tragedi Muzdalifah 2023 Tidak Terulang, Komnas Haji Optimis Penyelenggaraan Haji 2024 Lebih Baik

MONITOR, Jakarta - Komisi Nasional Haji (Komnas Haji) berharap Tragedi Muzdalifah yang terjadi pada penyelenggaraan…

2 jam yang lalu

Sri Mulyani Hadiri Peluncuran Peta Jalan Aksesi Indonesia di OECD dalam Ministerial

MONITOR, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan OECD Ministerial Council Meeting…

3 jam yang lalu