Sabtu, 20 April, 2024

Hadiri Perayaan Cap Go Meh, Anies Ingatkan Pentingnya Persatuan

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menghadiri perayaan Cap Go Meh atau tahun baru Imlek 2571 di Pancoran China Town, Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (8/2).

Kedatangan Anies ke acara ini langsung disambut oleh para pengurus Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) dan Walikota Jakarta Barat, Rustam Efendi.

“Sungguh bersyukur sudah lama kita patok waktunya bahwa tanggal 8 Februari pukul 13.00 kita sama-sama hadir di perayaan cap go meh, Ini ketiga kalinya saya hadir, untuk bersama menyambut tahun baru imlek 2571,” ujar Anies membuka sambutan.

Dikatakan Anies, Jakarta merupakan kota yang terbentuk dari sejarah panjang yang melibatkan banyak sekali suku bangsa termasuk juga masyarakat Tionghoa.

- Advertisement -

Maka dari itu, keberagaman suku bangsa budaya merupakan sebuah fakta yang diterima Jakarta, namun lebih dari itu persatuan antar suku bangsa inilah yang menjadi kekuatan kota Jakarta.

“Yang unik dari Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang unik adalah kata tunggal, yang berarti satu inilah yang harus kita jaga karena bersatu adalah pilihan kita sebagai bangsa,” tegasnya.

Anies berharap perayaan Cap Go Meh tiap tahunnya semakin memperkuat persatuan warga kota Jakarta, dimana berbagai kalangan warga di Jakarta turut larut dalam perayaan Cap Go Meh dan menarik potensi wisata bagi turis domestik maupun internasional.

“Semangat merayakan cap go meh di tempat ini dapat menjadi atraksi turis di Jakarta, kami berharap masyarakat domestik dan internasional menyaksikan betapa persatuan hidup di kota ini dengan subur,” pesannya.

Kehadiran Anies di acara Cap Gomeh disambut dengan pertunjukan atraksi naga Liong Barong Sai, kemudian menikmati sajian khas, Lontong Cap Go Meh bersama jajaran dan pengurus Perhimpunan INTI.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER