Masyarakat Natuna Bersedia Tampung WNI dari China, Ini Kata Jokowi

Presiden RI Joko Widodo saat konferensi pers (dok: Setkab)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Natuna yang akhirnya legowo ‘menampung’ ratusan WNI yang baru tiba dari China. Ungkapan syukur itu diutarakan Jokowi dalam laman resmi Facebooknya, Senin (3/2).

“Saya juga berterima kasih kepada masyarakat Natuna yang sudah memberikan lampu hijau, mengingat mereka ini adalah saudara-saudara kita sendiri,” kata Jokowi.

Selain itu, dalam proses evakuasi ini, Jokowi mengapresiasi kerja keras semua yang telah terlibat dalam proses evakuasi WNI dari daerah yang sedang dilanda wabah virus Corona, terutama untuk kerja sama tim Kementerian Luar Negeri, TNI, Polri, Kementerian Kesehatan, BNPB, di bawah koordinasi Menko PMK.

Widget Situasi Terkini COVID-19



Menurut Jokowi, salah satu alasan dipilihnya Natuna sebagai lokasi observasi WNI dari China adalah karena keberadaan fasilitas bandara dan pelayanan kesehatan.

“Natuna dipilih karena beberapa hal, seperti fasilitas bandara hingga kesiapan tim kesehatan. Sebelumnya, kita mempertimbangkan beberapa lokasi alternatif untuk evakuasi, seperti Morotai dan Biak,” terangnya.

Diketahui, sebanyak 243 warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok, sudah menjalani masa observasi di Pulau Natuna sesuai protokol kesehatan yang harus diikuti sebelum mereka bertemu keluarga masing-masing.