Sebelum Tutup Usia, Gus Sholah Mimpi Bertemu Gus Dur

Tokoh ulama Nahdlatul Ulama KH. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah (dok: kompas)

MONITOR, Jakarta – Sebelum tutup usia, KH Salahuddin Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Sholah dikabarkan sempat bermimpi bertemu dengan kakak kandungnya, Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Hal tersebut diceritakan oleh putra pertama Gus Sholah yakni Irfan Asy’ari Sudirman Wahid atau yang akrab disapa Ipang.

Tak hanya bertemu dengan Gus Dur, Gus Sholah diceritakan juga bermimpi bertemu dengan Ibundanya yakni Sholichah Wahid yang sudah meninggal.

“Jadi tanda-tanda orang yang akan meninggal sudah dirasakan,” ujar Ipang di rumah duka, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2).
Tak hanya itu, lanjut dia, almarhum juga bercerita beberapa anggota keluarga lainnya yang sudah meninggal dunia terlebih dahulu.

“Dalam mimpinya tersebut almarhum ngelihat ada Gus Dur di situ, melihat ada kerabat yang sudah meninggal di situ,” kata Irfan mengenang cerita sang ayah.

Diketahui, Gus Solah meninggal di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat pada Minggu 2 Februari 2020 sekira pukul 20.55 WIB.

Rencananya jenazah akan diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur, Senin 3 Februari 2020 melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Gus Solah akan dimakamkan di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng.