Komisi III Bentuk Panja Hukum Jiwasraya, Fraksi Demokrat Kirim Tiga Nama

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Demokrat Hinca Pandjaitan (dok; Tribunnews)

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi III DPR Hinca Panjaitan mengatakan, seluruh fraksi yang berada di komisi bidang hukum telah memasukan nama-nama terkait pembentukan panitia kerja (Panja) kasus PT Asuransi Jiwasraya.

“Untuk Panja pengawasan terhadap Kejaksaan Agung dalam rangka penanganan kasus Jiwasraya, Panja-nya sudah terbentuk, sudah ada nama-namanya, semua fraksi yang ada di Komisi III sudah mengirimkan namanya,” kata Hinca, di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (3/2).

Sekjen DPP Partai Demokrat itu juga memaparkan, fraksinya telah mengirimkan tiga nama, yakni dirinya sendiri, Benny K Harman dan Mulyadi.

Menurut dia, rapat pertama akan digelar besok. Adapun agenda rapat pertama adalah pengesahan susunan pimpinan dan anggota Panja, mekanisme dan jadwal rapat, hingga kerja-kerja yang akan dilakukan.

“Nanti kami tentukan siapa pimpinan lengkap dengan anggotanya, siapa ketua, wakil ketua, timeline waktu dan kerjanya apa saja,” papar dia.

Lebih lanjut, Hinca menerangkan bahwa Panja yang dibentuk oleh komisi III terkait kasus Jiwasraya berbeda dengan Panja yang ada di Komisi VI ataupun XI DPR.

Panja bentukan Komisi III, kata Hinca akan fokus pada pengawasan penegakan hukum yang tengah dilakukan Kejagung.

“Kan mereka (Kejagung) lagi tangani kan. Kami dukung itu, kami awasi ketat, supaya tetap berada di relnya,” pungkas dia.