Gelar OTT, Komisi III DPR: Bukti Tidak Ada Pelemahan di KPK

Foto Gedung DPR/MPR (foto : hans monitor.co.id)

MONITOR, Jakarta – Operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap di awal tahun 2020 ini menunjukan bahwa tidak ada pelemahan terhadap institusi anti rasuah tersebut.

Sebagaimana yang dikhawatirkan sejumlah publik, terhadap komposisi pimpinan KPK saat ini.

Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (11/1).

“Apa yang dikhawatirkan pihak tertentu bahwa KPK telah dilumpuhkan di bawah pimpinan baru, ternyata tidak terbukti,” kata Herman.

Kendati demikian, politisi Fraksi PDI Perjuangan ini menilai, OTT hanyalah salah satu cara memberatnas korupsi. Karena itu, ia mendorong agar KPK meningkatkan inovasi pencegahan korupsi yang efektif.

“OTT hanya salah satu cara, dan bukan satu-satunya cara, kami lebih mendorong KPK melangkah dengan langkah-langkah penindakan lainnya selain OTT, antara lain dengan meningkatkan fungsi pencegahan, lidik sidik dan kerja sama antar penegak hukum lainnya,”sebut dia.

Seperti diberitakan, di awal tahun baru 2020 KPK kembali melakukan OTT terhadap Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah. Sebelumnya KPK sempat absen melakukan OTT sejak undang-undang baru berlaku. 

Saiful Ilah, sebelumnya telah menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Timur (Jatim) usai terjaring OTT KPK. Saiful juga saat ini telah diperiksa di Gedung KPK Jakarta.