Jumat, 19 April, 2024

Pengamat Nilai Upaya Pansus Jiwasraya Akan Rugikan Kepentingan Nasabah

MONITOR, Jakarta  – Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto menilai bahwa wacana pembentukkan Panitia Khusus (Pansus) yang tengah digulirkan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dapat mengganggu upaya penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Pasalnya, sambung dia, jika kasus Jiwasraya terlalu jauh diseret ke ranah politik maka dikhawatirkan aksi korporasi dan restrukturisasi Jiwasraya akan berlangsung lama, dan berdampak pada kepentingan nasabah. 
“Kita menghargai hak politik DPR atas pembentukan Pansus, namun ini memang dikhawatirkan nanti terlalu dipolitisir hingga menelantarkan subtansi target yang ingin dicapai yaitu stabilitas kinerja keuangan dan pemenuhan kewajiban pembayaran terhadap nasabah,” kata Eko, di Jakarta, Jumat (10/1).

Sementara itu, wacana pembentukkan Pansus DPR sebaiknya, kata dia,seluruh pemangku kebijakan dapat berkaca kepada Pansus Bank Century yang nyatanya tidak mampu menyelesaikan masalah secara komprehensif dan optimal.

Berangkat dari hal tersebut, Eko pun menghimbau para anggota DPR lebih berfokus pada upaya pengawasan terhadap pemerintah dan Kejaksaan Agung yang saat ini sedang menyelesaikan masalah Jiwasraya, baik dari aspek hukum, keuangan maupun regulasi agar preseden buruk serupa pada Bank Century tidak terulang kembali.

- Advertisement -

“Jangan sampai kasus Jiwasraya ini hanya isu politik doang dan tidak menyentu kepada subtansi masalah, terutama untuk pengembalian uang nasabah,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER