Jokowi Ajak Jepang Investasi di Natuna hingga Pulau Terluar

Presiden Joko Widodo menyambut Menteri Luar Negeri Jepang, Bapak Motegi Toshimitsu

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kedatangan Menteri Luar Negeri Jepang, Motegi Toshimitsu, beserta rombongan delegasi di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/1).

“Selamat datang di Jakarta, Menteri Luar Negeri Jepang, Bapak Motegi Toshimitsu beserta delegasi. Jepang adalah salah satu mitra utama Indonesia, dan saya berharap kerja sama kedua negara — utamanya di bidang ekonomi — semakin erat,” ujar Jokowi.

Jepang adalah salah satu mitra utama Indonesia, dan saya berharap kerja sama kedua negara — utamanya di bidang ekonomi — semakin erat

Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan harapannya supaya Jepang kembali meningkatkan kerjasama dengan Indonesia, khususnya di sektor ekonomi. Orang nomor wahid di Indonesia ini juga mengajak Jepang tanam investasi di Kepulauan Natuna dan pengembangan pulau-pulau terluar.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Beberapa yang sudah berjalan di antaranya kerja sama Indonesia dan Jepang di Kepulauan Natuna berupa pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT), peningkatan kapasitas nelayan, dan pengembangan pariwisata,” terang Jokowi.

Ditambahkan Menlu RI Retno Marsudi, terkait kerjasama pengembangan SKPT di Natuna itu bukan hal yang baru. Malah sekarang sudah fase kedua. Namun pemerintah ingin ingin ada kerja sama dalam rangka pemberdayaan nelayan, dan lain-lain.

“Jadi sekali lagi ini adalah isu yang sudah cukup lama dibahas, Presiden menyampaikan kembali karena Presiden juga baru dari Natuna dan intinya pesan Presiden adalah pengembangan perikanan di Natuna akan terus diperkuat,” ujar Retno Marsudi kepada wartawan.