Selasa, 23 April, 2024

Mentan Turun Langsung Berikan Bantuan Pangan untuk Ribuan Korban Banjir di Cilincing

MONITOR, Jakarta – Akibat musibah banjir yang terjadi pada awal tahun 2020 Kementerian Pertanian (Kementan) turun ke lapangan memberikan bantuan logistik kepada korban banjir di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo turun langsung dalam pemberian bantuan tersebut yang disalurkan melalui 11 truk bantuan pangan untuk para korban banjir di Jakarta dan sekitarnya.

“Kita satu rakyat, satu bangsa, satu persaudaraan,” kata dia dalam acara sambutan penyerahan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir, di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (4/1/2020).

Menurut Mentan, negara harus hadir ditengah masyarakat ketika ada musibah banjir atau bencana alam lainnya sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Syahrul menambahkan, bantuan ini diserahkan karena adanya perintah dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar semua menteri turun membantu korban banjir.

Cilincing pun dipilih menjadi lokasi peresmian penyaluran atas saran dari Gubernur DKI Jakarta. Sebab, Cilincing menjadi salah satu daerah terkena dampak banjir di Jakarta. Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra mengatakan sebanyak 17 dari 31 kelurahan di Jakarta Utara yang diterjang banjir.

“Yang arahkan saya ke utara, Pak Anies (Anies Baswedan),” ujar Syahrul.

Kementerian Pertanian pun nantinya akan turun di 5 titik di DKI Jakarta dan Tangerang Selatan. Mentan mengatakan bahwa hal tersebut sudah menjadi keprihatinan nasional dan panggilan bangsa untuk memberi dukungan moral bagi yang terkena banjir.

“Hadirnya rasa kenegaraan kita, negara ini milik kita semua. Dari musibah banjir ada keterpanggilan ketika melihat sesuatu musibah dan datang beri bantuan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra menambahkan, dari 31 kelurahan di Jakarta Utara, 17 di antaranya terdampak banjir.

Kemudian, dari 7 kelurahan di Cilincing ada 5 terdampak genangan banjir dan tinggal 1 kelurahan yang sedang menunggu air surut yakni di Rorotan.

“Ada 2.699 jiwa yang mengungsi di kecamatan Cilincing. Kami harap bantuan ini jadi berkah bagi Kementerian Pertanian, berkah yang bisa diingat warga dalam musibah yang dialami ini banyak yang memperhatikan,” pungkas Desi.

Sebelumnya, hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak malam pergantian tahun, 31 Januari 2019 hingga 1 Januari 2020, telah memicu terjadinya banjir di daerah tersebut.

Hingga Jumat pagi, 3 Januari 2020, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 43 orang meninggal dalam kejadian ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER