Klaim Perairan Natuna, PDIP: Pemerintah Segera Sampaikan Nota Protes ke China!

Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris (dok: Republika)

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris mendesak agar pemerintah segera melayangkan nota protes kepada Republik Rakyat Tiongkok (China) terkait dengan klaim atas perairan Natuna.

“Indonesia harus mengambil sikap yang lebih tegas terhadap RRT,” kata Charles dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/1).

Tidak hanya itu, Charles juga mendesak agar pemerintah Indonesia mengkaji kembali hubungan bilateral kedua negara. Lanjut dia, baik disejumlah kerjasama yang sedang dibahas untuk ditunda atau dibatalkan terlebih dahulu.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Kita juga bisa menggalang negara-negara ASEAN untuk tidak berpartisipasi dalam inisiatif-inisiatif multilateral yang di inisiasi oleh Tiongkok di forum internasional,” tegas Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR-RI ini.

Ke depan, politikus PDI Perjuangan ini berharap agar angkatan bersenjata dan penegak hukum di Indonesia hendaknya untuk tidak ragu menegakkan kedaulatan negara.

“Perbanyak patroli dan pertebal kehadiran negara di perairan Natuna. Segenap rakyat Indonesia pasti mendukung setiap upaya TNI dalam menjaga setiap jengkal wilayah kedaulatan NKRI dari intrusi pihak asing,” pungkasnya.