Selasa, 16 April, 2024

Foto ‘Anies Tangani Banjir Tanpa Diliput Media’ Ternyata Hoaks

MONITOR, Jakarta – Banjir yang mengepung wilayah jakarta dan sekitarnya menjadi ajang ‘peperangan’ narasi politik antara pendukung gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan pihak-pihak yang melakukan kritik keras terhadap Anies yang dinilai tidak becus mengantisipasi dan menangani bencana banjir.

Salah satu yang menjadi viral saat ini adalah adanya pembelaan dari para pendukung Anies berupa foto sang gubernur yang tampak sedang minum yang dimuat di situs tarbawia[dot]net pada artikel berjudul “Tak Diliput Media, Begini Kondisi Anies Saat Tangani Banjir Jakarta”.

Artikel tersebut juga menulis “Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan langsung turun tangan untuk membantu korban banjir Jakarta, Rabu (1/1/20). Anies tak hanya bicara.”

Namun, foto yang beredar ternyata hoaks alias tidak benar. Dikutip dari situs turnbackhoax.id milik masyarakat anti fitnah Indonesia atau Mafindo, faktanya foto yang dimuat di situs tarbawia[dot]net itu bukanlah foto yang diambil pada 1 Januari 2020, melainkan foto yang diambil pada 20 Februari 2017 ketika Anies Baswedan yang masih menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta ketika mengunjungi kawasan banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Fakta bahwa foto tersebut adalah foto pada 20 Februari 2017 diperkuat dengan perbedaan warna dan model jaket yang dipakai Anies Baswedan pada saat itu dan pada tanggal 1 Januari 2020.

Jaket yang dikenakan Anies pada 20 Februari 2017 berwarna merah dengan lengan berwarna hitam. Sementara jaket yang dikenakan pada tanggal 1 Januari 2020 berwarna orange.

Fakta ini juga diperkuat dengan unggahan pada tanggal 21 Februari 2017 oleh akun Mas Shidik (fb.com/OmShidik) yang menampilkan foto yang sama dengan yang ditampilkan di situs tarbawia[dot]net dan juga foto lain yang diambil dari sudut yang berbeda yang menampilkan Anies dengan jaket merah hitam tersebut. Foto yang sama juga ditemukan di akun instagram terverifikasi milik Anies.

- Advertisement -

Narasi yang mengklaim Anies tak diliput media juga tidak sepenuhnya benar, karena foto-foto yang menampilkan Anies baik pada Februari 2017 dengan saat mudah ditemukan di media-media arus utama baik dengan pencarian gambar ataupun dengan kata kunci “Calon Gubernur Anies Baswedan mengunjungi lokasi banjir”, begitu juga dengan liputan terkait Anies Baswedan dan banjir Jakarta 1 Januari 2020.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER