Sinergi BUMD, Bank DKI Kembangkan Kuliner Kawasan Thamrin

Gubernur DKI, Anies Baswedan saat mengunjungi Thamrin 10 (Foto: Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Bank DKI mengembangkan kawasan kuliner di Thamrin 10. Hal itu merupakan salah satu wujud sinergi dengan BUMD DKI lainnya salahnsatunya yakni PD Pasar Jaya.

Pengembangan kawasan kuliner tersebut mencakup pemilihan UMKM binaan Dinas UMKM DKI Jakarta dan dukungan sistem pembayaran Kawasan Kuliner Thamrin 10.

“Pengunjung Thamrin 10 dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan JakCard, JakLingko, dan JakOne Mobile” ujar Herry dalam keterangan tertulisnya di DKI Jakarta.

Kawasan Kuliner Food & Creative Park Thamrin 10 sesuai namanya berlokasi di jl Thamrin 10, Jakarta Pusat. Lahan seluas 8.000 meter persegi kini telah disulap Perumda Pasar Jaya menjadi ruang kreatif dengan menggandeng para usaha kecil menengah. Akses ke lokasi yang berada di jalan utama menjadikan tempat ini menjadi tempat baru bagi masyarakat untuk berinteraksi.

Sebanyak 54 tenant UKM yang disiapkan untuk menjual berbagai makanan dilokasi ini. Selain itu akan ada 7 food truck untuk menambah item makanan dilokasi ini.

Lebih lanjut, Herry menyampaikan harapannya agar Thamrin 10 dapat menjadi sentra kuliner baru bagi warga DKI Jakarta khususnya di Jakarta Pusat. Mengingat lokasinya yang strategis, ia pun berharap Kawasan kuliner Thamrin 10 dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk pemasaran produk digital banking Bank DKI.

Jika perkembangannya ramai ia pun tak menutup kemungkinan dukungan pemberian penyaluran kredit kepada para UMKM yang ada di Kawasan Kuliner Thamrin 10.

“Untuk menyemarakkan tempat ini nantinya secara rutin akan digelar band yang menampilkan musik akustik. Rencananya musik akustik akan mulai sejak pukul 18.30 sampai 22.00 wib setiap senin-jumat dan hingga pukul 24.00 pada hari sabtu dan minggu,”ujarnya.

Thamrin 10 juga menyiapkan fasilitas umum berupa smart toilet dilokasi yang disediakan oleh PD Pal Jaya. Penggunaan smart toilet ini juga menggunakan sistem cashless menggunakan JakCard Bank DKI.

Untuk memberikan kemudahan pembayaran, Bank DKI menyiapkan sistem pembayaran dengan menggunakan JakCard dan JakOne Mobile.

Cara melakukan pembayaran dengan JakCard cukup mudah dimana pengunjung Thamrin 10 tinggal melakukan tapping JakCard pada EDC yang tersedia di masing-masing tenant UMKM. Sedangkan untuk pembayaran menggunakan JakOne Mobile, pengunjung Thamrin 10 yang sudah mendownload JakOne Mobile tinggal melakukan scan pada QR Code yang keluar dari EDC. Selain melakukan pembayaran, pengunjung Thamrin 10 dapat melakukan pembelian dan top up kartu JakCard.