Sabtu, 13 Agustus, 2022

Tokoh JIL Ulil Abshar Percaya Pemerintah Tak Intervensi Kasus Rizieq

MONITOR, Jakarta – Wacana kepulangan Rizieq Shihab ke Tanah Air menjadi sorotan publik negeri ini. Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, pun meminta Habib Rizieq Shihab (HRS) untuk segera mengirim data-data dirinya ke perwakilan pemerintah Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Sebab ia mengatakan, Rizieq tidak pernah melaporkan masalah yang selama ini dialaminya ke kantor perwakilan RI terdekat.

“KBRI Belum bergerak, kami belum pegang apa-apa. Saat ini belum ada laporan dari Muhammad Rizieq Shihab permasalahan apa yang dia alami sehingga sampai hari ini kami belum bisa memberikan data kepada kementerian luar negeri Arab Saudi,” ujarnya, dalam wawancara salah satu stasiun televisi nasional.

Ia pun mengatakan, sejauh ini kabar penahanan HRS di Arab Saudi hanya didapatkan dari orang-orang yang sudah berkunjung kesana. Sementara itu, pihaknya belum mengetahui kebenaran tersebut.

- Advertisement -

Tokoh Islam Liberal Ulil Abshar Abdalla pun angkat bicara terkait penyataan Dubes Agus Maftuh. Ia mengaku percaya atas apa yang disampaikan Dubes asal Semarang, Jawa Tengah, itu.

“Saya percaya pada Pak Agus Maftuh ini,” ujar Ulil Abshar Abdalla, Senin (16/12).

Ulil pun menilai, pemerintah terbukti tidak mempunyai intrik intervensi apapun seperti tudingan mencekal mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

“Tak ada intervensi sama sekali dari pemerintah RI untuk mencekalnya (Rizieq) agar tidak pulang. Ndak ada,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER