Rabu, 24 April, 2024

DPRD DKI Ingin Pembangunan Rumah DP 0 Persen Cepat Rampung

MONITOR, Jakarta – DPRD DKI berharap pembangunan tahap 2 rumah atau hunian DP 0 persen di Nuansa Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dapat selesai lebih cepat.

“Kami sangat mendukung program DP 0 persen ini. Dan pembangunannya memang pembangunannya harus dilakukan di daerah yang dibutuhkan. Jadi warga DKI yang belum punya rumah segera punya rumah. Makanya kita berharap pembangunan lebih cepat lagi, tetapi tidak mengurangi kualitas pastinya,” ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Demokrat, Misan Samsuri.

Program rumah DP 0 persen di Cilangkap ini merupakan yang kedua kalinya dibangun Pemprov DKI Jakarta.

Sebelumnya, rumah DP 0 persen sudah sudah dibangun dan telah dihuni kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

- Advertisement -

Misan menilai, dengan percepatan pembangunan, maka realiasasi atas penyertaan modal daerah (PMD) yang diberikan DPRD kepada Sarana Jaya di APBD 2020 bermanfaat bagi warga.

“Lewat pembangunan ini, dukungan kita terhadap anggaran yang diberikan itu terlihat nyata direalisasikan,” ungkapnya.

Misan pun berharap nantinya peraturan teknis atau syarat warga untuk mendapatkan hunian ini dipermudah oleh pihak Bank serta pengelola Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta.

“Saya meminta untuk mendapatkan rumah itu caranya dipermudah. Karena kemarin kita menerima keluhan soal perbankan, jadi saya harap cara dan syarat dari perbankan diperbaiki. Dari sisi keuangan tidak menyalahinaturan, tetapi dari sisi kemasyarakatannya juga gampang,” terangnya.

Rumah dengan DP 0 persen akan dibangun secara vertikal, seperti apartemen. Rumah itu tidak bisa dibangun dengan rumah tapak karena keterbatasan lahan di ibu kota.

Nantinya ada 800 unit hunian di lahan seluas 2,9 hektare yang akan digarap PD Pembangunan Sarana Jaya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER