Rabu, 24 April, 2024

Pemerintah Taiwan Ingin Tingkatkan Kerjasama Investasi dengan RI

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Indonesia akan menggiatkan kembali komitmen kerjasama di bidang investasi dan perdagangan dengan Indonesia. Wakil Ketua DPD RI Mahyudin pun mengatakan, hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara ini terus meningkat sebagaimana tampak dalam nilai investasi langsung Taiwan di Indonesia.

Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan dari delegasi pemerintahTaiwan di kompleks Parlemen, Senayan. Mahyudin juga sampaikan kepada delegasi Taiwan tersebut bahwa nilai perdagangan bilateral sudah mencapai USD8,1 miliar dengan pertumbuhan sebesar 15,7 persen tahun lalu.

Angka ini cukup signifikan, kata dia, namun belum diperluas ke sektor-sektor lainnya termasuk sektor ekonomi kreatif yang kini semakin berkembang di berbagai provinsi di Indonesia.

“Kami mengimbau kepada para investor dan pebisnis Taiwan untuk memperluas kerjasama dengan pelaku ekonomi di 34 provinsi Indonesia sebab banyak peluang baru kini bermunculan di daerah-daerah itu,” ujar Mahyudin kepada delegasi pemerintah Taiwan.

- Advertisement -

Menyambut himbauan dimaksud, pimpinan Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan tersebut mengatakan bahwa mereka datang ke DPD RI karena pemerintah Taiwan yakin akan peran penting DPD RI dalam mendorong perekonomian di berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, delegasi Taiwan Peter Lan mengatakan bahwa pemerintahnya ingin mendengar banyak masukan dari DPD RI dan juga dari pemerintah Indonesia tentang apa yang perlu dilakukan lagi guna memperluas kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Taiwan dan Indonesia.

”Kami datang untuk mendengar masukan dari Yang Mulia Bapak pimpinan DPD RI dan juga para Senator untuk meningkatkan dan memperluas hubungan kerjasama kita,” ujar Peter Lan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin menyambut baik strategi baru Taiwan yang disebut New Southbound atau orientasi kebijakan baru yang mengarah ke selatan itu yang dijalankan oleh pemimpin tertinggi Taiwan Tsai Ing-wen.

Dengan adanya orientasi baru itu maka Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dapat bekerjasama lebih luas lagi dengan Taiwan di bidang investasi dan perdagangan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER