Irjen Listyo Sigit Prabowo Resmi Jabat Kabareskrim

30
Irjen Listyo Sigit Prabowo (dok: Okezone)

MONITOR, Jakarta – Setelah satu bulan lebih dibiarkan kosong, kursi Kabareskrim Polri akhirnya bisa diduduki. Irjen Listyo Sigit Prabowo yang dipercaya Kapolri Jenderal Idham Azis sntuk menduduki kursi Kabareskrim tersebut.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat (6/12). Surat ini ditandatangani oleh AS SDM Irjen Eko Indra Heri.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, mutasi ini sebagai hal yang biasa dalam rangka penyegaran organisasi Polri.

“Ya benar, mutasi ini adalah hal yang alamiah, sebagai penyegaran dalam organisasi Polri,” kata Argo saat dikonfirmasi.

Posisi lain yang berubah adalah Posisi Kabaharkam kini dijabat Irjen Agus Andrianto yang sebelumnya menjadi Kapolda Sumut. Pejabat lama yakni Komjen Firli menjadi perwira tinggi di Baharkam Polri. Firli sendiri akan menjabat sebagai Ketua KPK.

Irjen Pol Martuani Sormin diangkat menjadi Kapolda Sumut menggantikan Irjen Agus Andrianto.

Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono akan menggantikan Irjen Listyo sebagai Kadiv Propam. Selain itu, telegram ini juga memuat mutasi Komjen Firli dari posisi Kabarhakam menjadi Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri.

Diketahui, posisi Kabareskrim kosong setelah Idham Azis diangkat Jokowi menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi Mendagri.

Listyo memang dikenal ‘dekat’ dengan Presiden Joko Widodo. Ia pernah menjadi Kapolres Surakarta hingga ajudan pribadi Joko Widodo.