Jumat, 19 April, 2024

Media Singapura Nobatkan Jokowi sebagai Asian of the Year 2019

MONITOR, Jakarta – Rasa bahagia dan syukur terlontar dari Presiden Joko Widodo manakala dinobatkan sebagai ‘Asian of the Year 2019’ oleh media Singapura, The Straits Times. Jokowi mengaku, penghargaan tersebut bukan semata-mata kebanggaan untuk dirinya.

Lebih lanjut, orang nomor wahid ini mengatakan penghargaan tersebut untuk bangsa Indonesia. “Terima kasih. Ini Kehormatan bukan untuk saya semata-mata, tapi untuk Indonesia,” ujar Jokowi, dalam laman tertulisnya di media sosial, Kamis (5/12).

Diketahui, terpilihnya Jokowi ini karena pertimbangan jasanya telah memperkuat posisi lokal dan globalnya, tidak hanya dengan mempertahankan jabatannya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) bulan April 2019, tetapi juga telah menjadi ujung tombak mengembangkan Asean Outlook di Indo-Pasifik.

The Straits Times menilai, Jokowi adalah lelaki sederhana yang menjadi Walikota Solo, kemudian menjadi Gubernur di DKI Jakarta, sebelum menjadi pemimpin negara dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara serta ekonomi, dengan hampir 270 juta penduduk Indonesia.

- Advertisement -

Pada periode pertama masa jabatannya sebagai Presiden RI (2014-2019), menurut The Straits Times, Presiden Jokowi yang mencanangkan misi mengejar kemajuan dan pertumbuhan, memberikan penekanan pada pembangunan infrastruktur.

“Ia tidak kehilangan pandangan akan nilai-nilai persatuan dan harmoni, yang begitu krusial di negara mayoritas Muslim dengan beragam budaya dan agama, di mana agama telah menjadi sangat politis,” tulis media itu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER