Bandingkan Soekarno dengan Nabi Muhammad, Warganet Tuntut Sukmawati Ditangkap

189
Putri Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri (dok: CNN)

MONITOR, Jakarta – Putri mantan Presiden Soekarno (Bung Karno), Diah Mutiara Sukmawati Sukarnoputri alias Sukmawati, tengah menjadi sorotan publik. Ia dikecam lantaran membandingkan peran Nabi Muhammad dan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ya, ia menyebut Bung Karno lebih berjasa di awal abad ke-20 untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Saat itu, ia bertanya kepada mahasiswa dalam sebuah forum diskusi di Jakarta tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.

“Sekarang saya mau tanya, yang berjuang di abad 20 itu nabi yang mulia Muhammad atau Insinyur Soekarno? untuk kemerdekaan Indonesia?,” kata Sukmawati dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Divisi Humas Polri bertajuk ‘Bangkitkan Nasionalisme bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme’ di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Tindakannya ini pun menuai kecaman dari sejumlah kalangan. Beberapa menilai, tak etis membandingkan sosok Nabi Muhammad dengan Soekarno.

Tagar #TangkapSukmawati pun menjadi trending topik di lini media sosial Twitter. Warganet menuntut agar Sukmawati dilaporkan ke pihak berwajib karena telah melakukan penistaan.

Membanding bandingkan nabi muhammad dengan soekarno dan membanding bandingkan alquran dngan pancasila. Otaknya singit kali ya sukmawati, #TangkapSukmawati,” tulis akun @Moyo_aji, Sabtu (16/11).

#PenjarakanSukmawati atau umat Islam seluruh Indonesia akan demo lebih dahsyat dari 212..!!” ujar akun @helmifelis.