Biar Ala Barista, 6 Cara Membuat Kopi Ini Bisa Kamu Tiru Sendiri di Rumah Lho!

74

MONITOR – Kopi memang menjadi salah satu minuman yang banyak digemari oleh semua kalangan, baik itu remaja dan dewasa. Minuman satu ini bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja, mau itu pagi, siang ataupun malam.

Kopi akan selalu menjadi andalan untuk mengembalikan mood kita menjadi lebih bersemangat. Pada umumnya, kopi memiliki kandungan kafein yang dimana ia bisa membuat tubuh kita tetap fit dan fresh setiap harinya.

Tidak jarang ada orang yang mengunjungi kafe atau coffee shop hanya untuk menikmati kopi dan menghilangkan rasa kantuk yang melanda. Bahkan, kedai kopi kerap menjadi tempat tongkrongan para remaja saat ini.

Namun, kalau dihitung-hitung lagi kita ke kedai kopi setiap hari hanya untuk sekedar minum kopi, pastinya bisa bikin pengeluaran kita jadi tambah boros, kan? Ya, mau gimana lagi minum kopi di kafe lebih enak ketimbang bikin sendiri di rumah. Hm, bagaimana kalau kamu meracik kopi berkualitas ala barista sendiri dirumah? Memang bisa, ya? Tentu bisa.

Nah, dibawah ini kami akan membagikan beberapa cara membuat kopi ala barista sendiri dirumah, agar kamu dapat menikmati kopi yang enak buatan sendiri di rumah.

1. Aeropress

Desain pada tampilannya terlihat sangat ramah dan futuristik. Aeropress ini merupakan salah satu metode yang paling mudah untuk membuat kopi yang berkualitas ala barista. Tidak heran jika metode yang satu ini menjadi metode manual brewer yang terpopuler di dunia.

Metode pembuatan yang sering dilakukan oleh para barista biasanya dengan di putar balik dan dosis kopi yang cukup banyak serta beberapa kali pengadukan. Dengan metode ini maka citarasa asli pada kopi akan terasa lebih nikmat dan khas.

2. Vietnam Drip

Hampir setiap kedai kopi menggunakan metode yang satu ini. Minuman kopi dari Vietnam ini paling populer di kawasan Indonesia. Pasalnya, kemampuannya dalam membuat kopi terbilang sangat mudah dan menggunakan bahan susu kental manis yang dapat menyamarkan rasa pahit pada kopi.

Untuk membuatnya, sediakan 18 – 20 gram bubuk kopi lalu panaskan air dengan suhu kurang lebih 80 derajat celcius. Kemudian masukkan susu kental manis di cangkir transparan sebanyak 2 sendok makan atau sesuai selera. Setelah itu letakan metal cup di atas cangkir dan masukkan kopi ke dasar wadah metal cup. Langkah terakhir, tuangkan air panas ke dalam cangkir minimal 40 – 45 ml. 

3. Espresso

Bagi kamu yang pernah mampir ke cafe atau kedai kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan alat Espresso satu ini. Alat pembuat kopi yang merupakan salah satu alat yang paling umum digunakan oleh para barista.

Alat Espresso ini memiliki dua jenis yang bisa ditemui, mulai dari alat Espresso manual dan alat Espresso otomatis. Tapi yang sering digunakan di kedai-kedai kopi atau cafe adalah Espresso manual.

Sedangkan untuk dirumah lebih memilih menggunakan alat Espresso otomatis. Karena memang terbilang sangat canggih dan mahir untuk membuat kopi dengan cepat. Bahkan semuanya pun serba otomatis, mulai dari pengaturan suhu dan penakarannya.

4. Drip Method

Drip method merupakan metode yang sering dijumpai di setiap kedai kopi atau cafe. Metode ini biasa dikenal dengan Filter Method yang dimana cara pembuatannya menggunakan filter (penyaringan).

Hingga saat ini, metode Drip Method ini menjadi yang paling populer sebab ke efisiensinya dan kepraktisannya dalam membuat kopi yang nikmat. Cara pembuatannya, siapkan bejana kopi lalu letakan kertas saring diatasnya.

Kemudian masukkan bubuk kopi di atas bejana kopi dan tuangkan air secara perlahan. Untuk penyeduhannya, cukup panasakan bejana kopi selama 3 menit. Jika sudah, maka kopi sudah dapat dinikmati.

5. French Press

Salah satu metode yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan menggunakan French Press. Metode membuat kopi ini merupakan metode yang sering dilakukan oleh banyak barista. Untuk membuat kopi dengan metode ini, kamu harus menyediakan bahan dan alat nya terlebih dahulu. Alat nya tentu saja French Press. Siapkan juga air mendidih dengan suhu 80 derajat celcius dan bubuk kopinya.

Setelah disiapkan, masukkan bubuk kopi 2 sendok makan atau sesuai selera masing-masing. Lalu masukkan air panas ke dalam French Press ini dengan perlahan, dan aduk kopinya.

Jika sudah, diamkan kopi terlebih dahulu selama 5 menit. Setelah itu, masukkan alat plunger-nya ke dalam french press lalu tekan hingga kebawa. Dan kopi siap dihidangkan.

6. Pour Over

Kamu juga bisa mencoba metode yang satu ini. Alat yang paling populer untuk membuat kopi dengan metode ini adalah Hario V60 dan Chemex. Cara pembuatannya pun cukup mudah, siapkan alat filter dan filter holder nya terlebih dahulu.

Setelah itu masak air panas selama 2 – 3 menit, lantas letakkan dripper ke Pour Over nya, dan taruh filter ke dalam dripper nya. Kemudian masukkan bubuk kopi pada filter lalu ratakan. Tambahkan juga air gelas ΒΌ dan diamkan selama 30 detik setelah itu masukkan kembali air 2 – 3 kali. Lalu kopi siap disajikan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kopi khas ala barista. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, ya!