Tetra Pak Paparkan Hubungan antara Kesehatan Konsumen dengan Lingkungan

42

MONITOR, Jakarta – Perusahaan global terkemuka pada perosesan dan pengemasan makanan, minuman, Tetra Pak Indonesia, kembali mengumumkan laporan survei global tahunan, dengan tema ‘The Convergence of Health & Environment.

Survei tersebut dilakukan di lima negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Brazil, dan Indonesia dengan mayoritas responden terkonsentrasi pada kawasan padat penduduk, khususnya Jawa.

Secara umum, Tetra Pak Index 2019 telah menemukan bahwa konsumen saat ini telah memahami bahwa kesehatan pribadi konsumen dan kelestarian lingkungan saling terhubung satu sama lain.

Managing Director Ipsos Indonesia, Soeprapto Tan mengatakan bahwa karakteristik unik budaya Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika merupakan salah satu negara kunci.

“Secara aspek kesehatan, Indonesia menempati satu dari lima negara penderita diabetes tertinggi. Sedangkan secara lingkungan, permasalahan sampah plastik juga telah menjadi sorotan internasional,” ujar Tan, pada acara Tetra Pak Index 2019, di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Kamis (31/10).

Secara global, laporan Tetra Pak Index 2019 memperlihatkan bahwa industri makanan minuman adalah salah satu industri pertama yang melihat adanya konvergensi antara kesehatan dengan lingkungan.

“Hal ini memberikan peluang baru bagi industri makanan dan minuman untuk menciptakan hubungan personal dengan konsumen dan mengatasi kedua hal ini pada saat yang sama,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap bahwa peluncuran Tetra Pax Index 2019 dapat menjadi referensi bagi para pelaku industri makanan minuman Indonesia untuk memenangkan tren konvergensi kesehatan dan lingkungan di masa depan.

Tak hanya berdiskusi mengenai produk-produk makanan dan minuman, Tetra Pak Index juga menekankan pentingnya peran aspek kemasan di setiap aktivitas konsumsi masyrakat.

Di tahun ini, guna menjawab tantangan ekosistem daur ulang di Indonesia, khususnya pada pengelolaan sampah produk karton kemasan minuman, pada tahun ini Tetra Pak Indonesia juga telah menambah mitra pengumpul baru yang bertanggung jawab untuk wilayah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jabodetabek, sehingga kenaikan tingkat daur ulang diharapkan mencapai 22,5%.

Sekilas tentang Tetra Pak.
Tetra Pak adalah perusaan global yang terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman.

Bermitra erat dengan pelanggan dan pemasok, Tetra Pak juga menyediakan produk aman, inovatif, dan berwawasan lingkungan yang setiap hari digunakan untuk memenuhi kebutuhan ratusan juta orang di lebih dari 160 negara di seluruh dunia.