Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Termuda di Kabinet Indonesia Maju

Angela Herliani Tanoesoedibjo atau Angela Tanoesoedibjo tiba di Istana Negara (foto: detik.com)

MONITOR, Jakarta – Diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Wakil Menteri di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, Politisi Partai Perindo, Angela Herliani Tanoesoedibjo mengatakan siap ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendampingi Wishnutama.

Angela Tanoesoedibjo terlihat mendatangi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019) pagi. Saat hadir di Istana, Angela Tanoesoedibjo hadir dalam balutan kemeja lengan panjang putih, celana panjang hitam. Ia melengkapi penampilan dengan sepatu hak tinggi bernuansa krem dan tampak rambut panjangnya dibiarkan tergerai.

Nah, berikut ini profil singkat Angela Tanoesoedibjo.

Angela Tanoesoedibjo, adalah putri sulung dari lima bersaudara dari pengusaha sekaligus Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanosoedibjo. Angela lahir di Ottawa pada 23 April 1987. Angela telah resmi melakukan janji suci pernikahan dengan pengusaha Michael Dharmajaya pada 12 Desember 2014.

Mereka dikaruniai dua buah hati, yakni Theodore Maximilian Dharmajaya dan Madeline Dharmajaya. Dalam kesehariannya, ia kerap mengunggah foto-foto kegiatan di Instagram pribadinya. Ada kegiatan yang bersifat politik maupun anak-anaknya.

Pendidikan dan Karier

Angela menyelesaikan Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia pada tahun 2008, serta gelar Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia pada tahun 2010. HighEnd Magazine dan HighEnd Teen merupakan majalah yang ia cetuskan sebelum lulus kuliah pada tahun 2008 sekaligus menjadi Editor in Chief Magazine.

Setelah lulus kuliah pada 2010, dengan pengalaman dan pendidikan Magister dari Australia, Angela dipercaya akan melakukan terobosan-terobosan baru membantu Jokowi mempercepat kemajuan Indonesia.

Menjabat Sebagai Direktur MNC Group

Wanita berusia 32 tahun tersebut juga aktif di dunia profesional dengan merintis karirnya dari bawah. Angela juga merupakan seorang pengusaha seperti ayahnhya. Ia menjabat sebagai komisaris Media Nusantara Citra dan wakil direktur televisi RCTI dan GTV.

Angela berkerja sebagai staf keuangan pada 2010 di MNC Group untuk pertama kali. Pada 2012, ia dipercaya memegang posisi Co-Managing Director di MNC Channel. Ia melahirkan lebih dari 10 saluran baru dalam rentang waktu 1,5 tahun.

Perjalanan karier Angela Tanoesoedibjo di dunia pertelevisian terus melesat dengan menjadi Managing Director Global TV pada 2014. Bersama tim, ia mengubah branding Global TV menjadi GTV pada Oktober 2018 lalu. Pada Maret 2018, Angela di angkat menjadi Managing Director RCTI dan GTV.

Pernah Jadi Caleg

Di dunia politik, Angela berkiprah dengan maju sebagai caleg Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Partai Perindo juga mengusulkan Angela sebagai salah satu wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Sementara itu, dalam struktur pengurus Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo menduduki posisi wakil sekretaris jenderal. Sedangkan posisi Sekjen diisi oleh Ahmad Rofiq.

Sebelumnya Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan pihaknya mengusulkan Angela menjadi menteri karena sesuai dengan kriteria Jokowi yang mencari menteri dari kalangan muda dan pintar.