Mantan Ketua DPR Marzuki Alie Puji Sikap Sandi Tolak Tawaran Menteri

2109
Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie (dok: tribun)

MONITOR, Jakarta – Sandiaga Uno belum lama ini kembali bergabung ke Partai Gerindra. Namanya pun kembali menjadi buah bibir banyak kalangan. Menariknya, Sandi berkali-kali menepis rumor bahwa namanya masuk menjadi salah satu menteri di periode kedua Joko Widodo.

Pria berdarah Gorontalo ini mengatakan, semua keputusan Jokowi dalam menentukan susunan menterinya adalah hak prerogatif seorang Presiden. Ia pun mengaku akan menghargai dan menghormati semua keputusan Jokowi, termasuk jika menunjuknya sebagai menteri.

“Jadi, kalau itu kan (hak) prerogatif presiden, prerogatif presiden ya kita hormati, kita hargai,” kata Sandi, belum lama ini.

Selain itu, Sandi juga menyadari masih banyak kader Gerindra yang layak untuk mengisi kursi menteri jika diberikan kepercayaan oleh Jokowi. Meski harus diakui, nama Sandiaga Salahuddin Uno justru yang paling disebut-sebut menjadi kandidat menteri yang mengurusi bidang investasi. Namun, dia tegas untuk berada di luar pemerintah.

Terkait sikap Sandi, mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie mengapresiasi sikap tegas dari Sandiaga Uno yang berkeinginan berada di luar pemerintah. Ia menilai, keputusan Sandi sama dengan menghargai kerja keras tim pendukung Jokowi yang memenangkannya di Pilpres 2019 kemarin.

Mantan Sekjen Demokrat ini juga menilai, sikap mantan Wakil Gubernur DKI itu telah menunjukkan etika demokrasi yang tepat.

“Menghormati mereka yang menang, termasuk memberikan kesempatan kepada kader-kader partai pendukung untuk menjadi menteri, adalah bagian dari etika berdemokrasi,” puji Marzuki Alie.