UMKM Binaan Perum Jamkrindo Sasar Pasar Global

26
Menteri BUMN Rini M Soemarno bersama dengan Kepala Badan Ekonomi Kratif (Bekrafl) Triawan Munaf menyempatkan meninjau salah satu stand mitra binaan Perum Jamkrindo

MONITOR, Tanggerang – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Mitra Binaan Perum Jamkrindo mulai menyasar pasar industri global. Langkah itu diawali dengan cara tampil dalam Pameran perdagangan internasional terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) di ICE Tanggerang kemarin.

Melalui ajang pameran tersebut, Perum Jamkrindo membantu UMKM binaan untuk menembus pasar industri baik lokal maupun internasional dengan memperkenalkan produk mereka sehingga bisa bersaing di pasar global.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan Bahwa Perum Jamkrindo sebagai satu-satu BUMN yang mempunyi bisnis di bidang penjaminan UMKM secara aktif dn berkelanjutan memberikan dukungan agar UMKM indonesia bisa memperluas pasar.Perum Jamkrindo menekankan sebagai perusahaan yang punya misi untuk mendukung pengembangan UMKM.

“Harapannya dengan tampil pada acara tersebut, para pelaku UMKM mendapatkan kesempatan perluasan akses pasar, sehingga menjadi jalan bagi mereka untuk menembus pasar yang lebih luas,” ujar Randi.

Memboyong UMKM untuk hadir di pertemuan dan pameran berskala nasional dan internasional, bukan pertama kali dilakukan baik di dalam negeri maupun di luar negeri sepeti ke Malaysia, Korea dan beberpaa negara lainnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan perusahaan sebagai aksi nyata mendorong para pelaku UMKM agar bisa naik kelas.

Randi Anto menegaskan, Jamkrindo berkomitmen membantu UMKM naik kelas atau tumbuh dengan skala yang lebih besar. “Sudah menjadi tanggung jawab dan fokus kami untuk memajukan UMKM dan koperasi,” ujar Randi.

Selain itu, dalam rangka mendukung UMKM, Menteri BUMN Rini M Soemarno bersama dengan Kepala Badan Ekonomi Kratif (Bekrafl) Triawan Munaf menyempatkan meninjau salah satu stand mitra binaan Perum Jamkrindo yakni pengrajin tikar lipat, Bogor.

Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan ajang Business to Business trade terbesar di Indonesia yang menampilkan yang terbaik dari Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia. Ini adalah acara perdagangan internasional utama di Indonesia dengan partisipasi yang kuat baik dari kalangan bisnis maupun pemerintah.

Trade Expo Indonesia diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Acara tersebut menggabungkan diskusi regional dengan forum bisnis dan perdagangan dan investasi. Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara tersebut pada tanggal 16 Oktober 2019, yang akan berlangsung sampai 20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), sebuah tempat 220.000 sqm baru yang terletak di jantung Kota BSD, Jakarta Raya, Indonesia.