Jumat, 29 Maret, 2024

Jasa Marga JabodetabekJabar Rampungkan Peningkatan 3 Aspek Pelayanan

MONITOR, Jakarta – Hingga 2019 ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Regional JabodetabekJabar telah menyelesaikan upaya peningkatan kinerja di tiga bidang layanan, diantaranya yakni Transaksi, Lalu Lintas dan Konstruksi.

Pada bidang layanan transaksi, Division Head PT Jasa Marga Ragional JabodetabekJabar, Reza Febriano menuturkan, pihaknya telah melakukan pembongkaran terhadap GT Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama, sehingga dapat meningkatkan kelancaran pengguna jalan dan tidak ada lagi antrean di jalur utama.

“Pada bidang layanan transaksi guna mengurangi titik antrean serta memperlancar arus lalulintas, Jasa Marga Regional JabodetabekJabar telah menerapkan sistem transaksi terbuka pada 7 Septermber 2017 dengan menggunakan tarif merata. Untuk mendukung hal tersebut dilakukan pembingkaran terhadap GT Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama,” ujarnya pada acara Sosialisasi Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Ruas Jalan Tol Jagorawi, Kamis (17/10).

Lebih lanjut ia menjelaskan, peningkatan transaksi juga didukung oleh penambahan kapasitas GT di Sentul Selatan dari 2 Gardu menjadi 3 Gardu Khusus Golongan 1 dan perbantuan Mobile Reader untuk memperlancar transaksi.

- Advertisement -

Sementara pada bidang layanan lalu lintas, Jasa Marga juga melakukan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan berkelanjutan, antara lain pemasangan dan pembersihan concrete barrier, penyempurnaan rambu, rekonstruksi/rekondisi guardrail, pemasangan WIM (Weight In Motion), dan melakukan rkayasa lalulintas yang dikoordinasikan oleh Kepolisian untuk pengaturan lalulintas yang lebih lancar.

Sedangkan, pada bidang layanan konstruksi Regional Jabodetabekjabar telah melaksanakan pekerjaan Pemeliharaan Periodik (SFO) dan Rekonstruksi Perkerasan Jalan pada Ruas Tol Jagorawi ini dimulai dari 2017 hingga 2019. Serta melakukan beautifikasi jalan tol berupa pekerjaan lansekap antara lain penanaman bougenville, taman tematik disekitar Taman Mini, pembangunan Taman Bendera di exit tol Bogor yang mendukung Pemerintah Kota Bogor dan pembangunan nursery tahun 2018, Pekerjaan perbaikan dan perkuatan konstruksi jembatan, serta pemasangan kawat harmonika jembatan pada Jalan Tol Jagorawi. Untuk antisipasi memasuki musim penghujan, Regional Jabodetabekjabar melaksanakan kegiatan pemeliharaan saluran, perbaikan drainase, striping shoulder dan pembersihan sampah.

“Kami berharap dengan layanan-layanan yang diberikan tersebut dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan, ketika melintasi Jalan Tol Jagoraw,” ujar Reza.

Sebagai informasi, upaya-upaya yang dilakukan tersebut sejalan dengan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor JL.03.02-Mn/661 tanggal 27 Juli 2016 perihal Peningkatan Pelayanan dan Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Aspek Estetika dan Lingkungan Jalan Tol dan Surat Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Nomor PW.04.01-PT/301 tanggal 28 Juli 2016 perihal Penataan Penempatan Pembersihan Jaringan Utilitas, Iklan serta Beautifikasi pada Seluruh Ruas Jalan Tol.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER