Pengamat: Jokowi Lebih ‘Tertarik’ dengan Prabowo

Presiden Jokowi didampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Merdeka (Foto: setkab)

MONITOR, Jakarta – Partai Gerindra memiliki daya tarik di mata Presiden Jokowi dalam penyusunan kabinet jilid II mendatang.

Hal itu terkait dengan pertemuan yang dilakukan antar Presiden Jokowi dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, di Istana Kepresidenan, beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Gajah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad kepada awak media, di Jakarta, dimuat Senin (14/10).

“Artinya Gerindra dibutuhkan pada pemerintahan Jokowi mendatang,” kata Nyarwi.

Tidak hanya itu, dalam pengamatannya, Jokowi lebih memperlihatkan antusiasnya dengan Prabowo. Ketimbang pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Kamis lalu, ketika saat ditanya soal koalisi.

“Dalam konteks apa yang dihadapkan dalam kebutuhan koalisi, saya lihat ketika bicara dengan Pak Prabowo, Pak Jokowi meski bilang belum final tapi lebih bersemangat. Tidak (terihat) lemas,” pungkasnya.