Sempat Digusur, Anies Kembali Bangun Kampung Akuarium

69
Gubernur jakarta anies baswedan

MONITOR, Jakarta – Sempat digusur saat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi Gubernur Jakarta. Kini keberadaan kampung akuarium akan dibangun kembali oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Anies mengatakan, pihaknya akan kembali membangun Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara pada tahun 2020 mendatang. Ia mengaku akan merilis desain pembangunan itu dalam waktu dekat.

Diketahui, pada era pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat, warga yang tinggal di sana digusur secara paksa pada 11 April 2016 dengan alasan kawasan itu termasuk cagar budaya dan merupakan aset milik PD Pasar Jaya.

“Tahun 2020 kami mulai (pembangunannya),” kata Anies di kawasan Jakarta Timur, Selasa (8/10).

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto menyebut pihaknya berencana membangun sebanyak 142 unit rumah berlapis di kawasan tersebut.

Ia menjelaskan, konsep rumah berlapis itu seperti rumah susun. Namun, nantinya rumah itu hanya memiliki empat lantai di setiap towernya.

“Rumah lapis itu tingginya maksimal empat lantai, nanti yang akan dibangun tipe 27 meter persegi,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, pembangunan rumah berlapis ini masih dalam tahap lelang rencana desain atau detail enggineering design (DED).

“Saat ini prosesnya masih pelelangan DED,”pungkasnya.