PDIP: Komposisi Pimpinan MPR-DPR Perkuat Basis Dukungan Jokowi

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta –Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa dengan komposisi pimpinan DPR RI dan MPR RI akan memperkuat basis dukungan politik terhadap Presiden Jokowi mendatang.

“Dengan dukungan lebih dari 60.7 persen kursi di DPR, dan membaiknya komunikasi politik dengan Partai Gerindra, bisa dimaknakan bahwa konsolidasi politik Pemerintahan Jokowi berhasil dan berjalan baik, jauh lebih bagus daripada kondisi tahun 2014 yang lalu,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/10).

Demikian halnya, sambung dia, dengan konsolidasi di bidang hukum kedepannya.
“Penegasan KPK sebagai lembaga eksekutif sebagaimana menjadi keputusan MK, dan dengan revisi UU KPK menjadikan Presiden yang dipilih langsung oleh rakyat memiliki legitimasi dan legalitas yang kuat untuk menentukan arah kebijakan politik hukum nasional,” paparnya.

Ia pun berpandangan dengan arah kebijakan politik hukum nasional tersebut, dampak pasar akan merespons positif. Sebab, sambung dia, dengan berhasilnya konsolidasi politik dan hukum, berbagai ketidakpastian dan resiko politik akan berkurang drastis.

“Sehingga meningkatkan kepastian di bidang ekonomi,” ujar dia.

“Dan, stabilitas politik dan hukum sangat diperlukan bagi arah pembangunan perekonomian nasional,” pungkas dia.