Jika Pemindahan Ibu Kota Digagalkan, Anggota DPR Ini Siap Pasang Badan

8554
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi alternatif calon Ibukota

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Irwan menilai, rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur (Kaltim) oleh pemerintah pusat harus segara dilaksanakan. Menurut dia, hal itu dapat segera mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kalimantan pada umumnya.

“Saya sampaikan sebagai legislator asal Kalimantan Timur akan melawan jika ada kawan-kawan legislator lain yang akan menggagalkan pemindahan Ibu Kota,” kata Irwan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, dimuat Jumat (4/10).

Dikatakan dia, pemindahan Ibu Kota lebih banyak memberikan dampak positif bagi daerah, terutama soal pertumbuhan ekonomi.

“Coba lihat pertumbuhan ekonomi Kaltim cukup rendah, tapi Produk Domestik Bruto (PDB) cukup tinggi. Jika Ibu Kota pindah, maka saya yakin pertumbuhan ekonomi di Kaltim juga akan meningkat,” jelas Irwan.

Selain itu, pemindahan Ibu Kota juga akan berdampak pada dua hal, yakni peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan infraksrtuktur.

“Khususnya infrastruktur, nanti tentunya harus terintegrasi dengan daerah sekitarnya. Diharapkan perkembangan percepatan infrastruktur ini bisa mempercepat pertumbuhan sektor pertanian dan industri untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi,” papar Irwan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan ibu kota negara akan segera dipindahkan ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pemindahan akan dilakukan bertahap hingga 2024 mendatang.