Rabu, 24 April, 2024

Sah! 575 Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

MONITOR, Jakarta – Sidang Paripurna yang dipimpin Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dan Hillary Brigitta Lasut (anggota DPR termuda) resmi melantik 575 anggota DPR RI periode 2019-2024, di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (1/9).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar membacakan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPR RI.

Selanjutnya, 575 wakil rakyat mengucapkan sumpah atau janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945,” lantun Ketua MA Hatta Ali yang ditirukan seluruh anggota dewan.

- Advertisement -

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan,” sambung Hatta lagi.

“Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” demikian sumpah janji yang diucapkan secara bersama-sama.

Para anggota DPR yang telah mengucapkan sumpah dan janji itu kemudian melakukan penandatanganan berita acara sumpah/janji, dilakukan secara simbolis oleh lima anggota dewan.

Dari pantauan di lokasi, dilakukan penyerahan memori DPR oleh pimpinan DPR periode 2014-2019 kepada pimpinan sementara DPR, dan penandatanganan berita acara serah terima. Kemudian pimpinan sementara DPR menutup sidang paripurna.

Pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dan sejumlah petinggi partai politik (Parpol) maupun negara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER